SOLOPOS.COM - Anneke Gronloh (Youtube)

Tahukah Anda membahas tentang asal usul lagu Nina Bobo.

Solopos.com, SOLO – Nina Bobo merupakan judul lagu yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Lagu itu bisanya dinyanyikan oleh kaum ibu ketika hendak menidurkan anak mereka. Mereka percaya menyanyikan lagu tersebut, maka anak yang rewel segera tertidur pulas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut berbagai sumber, konon, lagu Nina Bobo diciptakan oleh seorang wanita Jawa bernama Mustika pada masa penjajahan Belanda. Mustika setiap malam menyenandungkan lagu untuk menidurkan anaknya, Helenina Mustika Van Rodjnik yang mengalami kesulitan tidur. Adapun senandungnya adalah sebagai berikut:

Nina bobo oh nina bobo

Ekspedisi Mudik 2024

Kalau tidak bobo digigit nyamuk.

Marilah bobo oh nona manis,

kalau tidak bobo digigit nyamuk.

Lambat laun, senandung Mustika itu dikenal sebagai lagu Nina Bobo. Dikutip Solopos.com dari Wikipedia, Kamis (10/11/2016), lagu Nina Bobo dipopulerkan oleh Anneke Gronloh dan Wieteke Van Dort. Keduanya adalah penyanyi keturunan Indonesia-Belanda.

Anneke Gronloh alias Johanna Louise Gronloh adalah seorang penyanyi keturunan Belanda-Indonesia yang lahir di Tondano, Sulawesi Utara, 7 Juni 1942. Sedangkan Louisa Johanna Theodora Wieteke Van Dort adalah seorang aktris dan penyanyi dari Belanda yang lahir di Surabaya, 16 Mei 1943.

Bukan hanya populer di Indonesia, lagu Nina Bobo juga terkenal di negeri Belanda. Adapun lirik lagu Nina Bobo dalam bahasa Belanda adalah sebagai berikut:

Slaap meisje, oh slaap, meisje (tidurlah gadis, o tidur, gadis)

als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat seekor nyamuk)

Laten we gaan slapen, oh lief meisje, (tidurlah tidur, o gadis manis)

als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat nyamuk). (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya