Tutup Iklan
Tahukah Anda Ada Makhluk Mitologi dari Bangsa Arab? Ini Daftarnya
Ilustrasi Bahamut dalam gim Final Fantasy 7. (Youtube)

Sebelum dikonfirmasi dalam kisah Nabi Sulaiman, Ifrit dianggap sebagai makhluk mitologi Bangsa Arab.

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda tentang makhluk mitologi dari Bangsa Arab? Makhluk mitologi yang dikenal Bangsa Arab bisa dibilang kalah kondang jika dibandingkan makhluk mitologi dari China.

Dirangkum dari saluran Youtube Top Info yang diunggah pada Rabu (27/02/2020) dan beberapa sumber lain, inilah daftar makhluk mitologi yang dikenal Bangsa Arab:

Karkadann

Makhluk mitologi Arab yang pertama yaitu Karkadann. Jika ingin mengetahui dengan jelas ciri fisik makhluk ini, Anda cukup membayangkan kombinasi antara hewan badak dan kuda.

Karkadann juga memiliki tubuh kekar serta tanduk yang runcing dan sangat panjang pada bagian kepala. Makhluk ini kerap disebut sebagai pembantai sekaligus penyelamat.

Hari Ini Dalam Sejarah: 15 Juli 1099, Tentara Salib Menguasai Yerusalem

Dengan tubuh dan tanduk yang tajam, Karkadann dapat menjadi makhluk perusak. Namun konon, jika seseorang berhasil mematahkan tanduknya dan berhasil menjadikannya cangkir minuman, maka air yang tertuang di dalam tanduk tersebut dapat menjadi obat mujarab penyembuh berbagai penyakit.

Falak

Makhluk lain yang tidak kalah uniknya yaitu Falak. Fisik makhluk ini seperti ular dengan ukuran sangat besar. Dikabarkan mendiami dunia bawah dan akan menampakkan diri saat dunia ini berakhir (kiamat). Falak diceritakan memiliki nafsu makan yang besar dan mampu menyantap apa saja yang ada di hadapannya.

Falak diceritakan sebagai makhluk neraka yang bertugas menyiksa manusia dan menghukum manusia yang lalai dalam berbuat kebaikan di dunia. Menurut riwayat, sang ular raksasa ini memiliki ukuran tubuh yang tak terbayangkan besarnya.

Dandan

Ciri fisik Dandan digambarkan sangat menyeramkan. Menurut cerita Arab kuno, makhluk mitologi ini berbentuk seperti ikan yang berukuran sangat besar, bahkan mungkin lebih besar dari paus pada zaman dinosaurus.

Konon, makhluk ini mampu mengisap perahu di depannya dengan sangat mudah. Dandan pertama kali diketahui muncul dalam cerita 1001 malam, dalam kisah tersebut menceritakan tentang Abdullah si nelayan yang diperingatkan oleh ikan duyung akan bahaya datangnya Dandan.

Dikatakan bahwa makhluk ini merupakan musuh dari semua ikan di lautan.

Nasnas

Makhluk satu ini digambarkan memiliki tubuh yang sangat besar. Dengan bentuk tubuh seperti manusia, namun hanya memiliki setengah anggota tubuh saja.

Gambaran kasarnya ialah manusia yang terbelah dua secara vertikal. Namun Nasnas memiliki kecepatan melompat yang luar biasa. Sekali lompatan dengan satu kakinya dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Konon, makhluk ini merupakan keturunan bangsa jin yang disebut shikk.

Werehyena

Makhluk ini merupakan perwujudan manusia yang berubah menjadi hyena, namun tubuhnya tidak seperti hyena biasa. Werehyena mempunyai ciri fisik yang besar dan dapat berdiri dengan dua kakinya.

Sudah Tobat, Penampilan Baru Mantan Bintang Porno Ini Bikin Jatuh Cinta

Sifatnya dikenal sangat brutal dan tidak kenal ampun terhadap siapapun. Hingga saat ini belum diketahui bagaimana proses perubahan seorang manusia menjadi Werehyena. Namun pada beberapa kisah makhluk ini dapat berubah sesuka hati.

Bahamut

Nama Bahamut terdengar tidak asing di telinga, makhluk ini umum digambarkan sesosok naga terkuat yang menjadi pemimpin para naga. Dikenal sebagai makhluk yang baik dan suka melindungi. Namun, kisah Bahamut versi Arab sangat berbeda ciri fisiknya dengan yang umum diketahui orang.

Dalam mitologi Arab, Bahamut diwujudkan sebagai sosok ikan aneh dengan ukuran sangat besar, pada bagian kepalanya tampak seperti kombinasi antara gajah dan badak.

Makhluk ini juga memiliki taring yang mencuat tajam. Meski penggambaran bentuk yang berbeda, Bahamut versi Arab diceritakan bersifat baik hati. Tugasnya melindungi dunia dari berbagai hal yang buruk dan bencana yang terjadi.

Ifrit

Makhluk mitologi yang dikenal Bangsa Arab ini pada bagian kepalanya memiliki tanduk yang tajam menyerupai domba dengan badan yang tegap seperti manusia. Ifrit juga memiliki jubah api yang dikenakan pada bagian belakang tubuhnya.

Makhluk ini merupakan jin kelas atas yang bertugas menggoda manusia untuk diajak bersama menuju neraka. Konon tipu daya jin ini sangat kuat, siapapun yang lemah dapat dengan mudah masuk perangkapnya.

Kemudian orang-orang tersebut akan menjadi pengikutnya dan terus menemani Ifrit di neraka untuk selamanya.

Jika dibandingkan dengan makhluk mitologi China, deretan makhluk mitologi yang dikenal Bangsa Arab di atas tidak kalah seram. Terdapat makhluk mitologi Arab yang sangat dipercayai keberadaannya, yaitu makhluk bernama Ifrit.

Bahkan kita tidak asing dengan namanya, meski mungkin sebelumnya tidak diketahui bahwa makhluk tersebut termasuk mitologi Arab.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho