SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembuatan Tahu Serasi Bandungan. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, UNGARAN — Bandungan merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang terkenal sebagai kawasan wisata. Di kawasan Bandungan ini juga terdapat kuliner khas yang kerap diburu baik sebagai oleh-oleh maupun disantap langsung di tempat, yakni Tahu Serasi.

Bandungan yang terletak di lereng Gunung Ungaran sejak masa kolonial Belanda memang dikenal sebagai kawasan objek wisata alam. Bandungan dulunya merupakan bagian dari Ambarawa, tapi sejak 2007 mengalami pemekaran dan berdiri sendiri sebagai sebuah kecamatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain tempat wisata, Bandungan juga dikenal dengan kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Bandungan adalah tahu, yang dikenal dengan nama Tahu Serasi.

Tahu Serasi sebenarnya tidak beda jauh dengan tahu pada umumnya. Hanya saja tahu ini terlihat segar karena dijual langsung dari pabrik tempat pengolahannya.

Di Bandungan ada satu tempat penjual Tahu Serasi yang cukup populer. Penjual tahu itu adalah Tahu Serasi Oom Shin yang terletak di Jalan Bandungan-Sumowono, Kecamatan Bandungan.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari-hari libur. Pengunjung yang datang ke sini tak hanya bisa menikmati tahu, tapi juga bisa melihat proses pembuatannya.

Di outlet Tahu Serasi Oom Shin Bandungan ini ada dua macam tahu yang dijajakan, yakni tahu yang masih mentah dan tahu yang sudah digoreng. Untuk tahu yang masih mentah disediakan tigaa varian yakni tahu putih yang dijual Rp12.000 per porsi, tahu kuning Rp13.000 per porsi dan tahu muda dengan harga Rp12.000 per poersi.

Sedangkan untuk tahu yang sudah digoreng biasanya dihargai Rp18.000 per porsi. Tahu ini biasanya disantap dengan cabai atau saus sambal spesial.

Dilansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, tahu serasi saat ini banyak dijual di outlet-outlet di kawasan Bandungan. Tidak hanya warung Oom Shin, tahu serasi juga banyak dijual di kios-kios yang berjajar di pinggir jalan dan toko modern di Bandungan.

Konon nama tahu serasi ini diambil dari moto Kabupaten Semarang, yakni Serasi, yang merupakan akronim dari Sehat, Rapi, Aman, Sejahtera, dan Indah. Supaya lebih dikenal, tahu khas Bandungan ini pun diberi nama Serasi, seperti halnya moto atau semboyan Kabupaten Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya