Tahu, Makanan Murah Padat Nutrisi

Tahu merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, produk olahan kedelai ini dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tips hidup sehat membahas tentang manfaat tahu, makanan murah tapi kaya nutrisi.

Tahu, Makanan Murah Padat Nutrisi

SOLOPOS.COM - Tahu (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Tahu adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain rasanya lezat, produk olahan kedelai ini dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahu kaya akan protein, mineral, serta kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi tahu secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh. Nah, apa sajakah manfaat yang diperoleh dari menonsumsi tahu? Simak uraian yang dihimpun Solopos.com dari laman Boldsky, Kamis (2/9/2019), berikut ini:

Cocok untuk diet

Tahu merupakan salah satu makanan kaya nutrisi, namun rendah kalori yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Meski rendah kalori, mengonsumsi tahu diklaim mengenyangkan  perut lebih lama, sehingga mencegah seseorang makan berlebihan.

Mencegah rambut rontok

Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mencegah kerontokan rambut. Sebab, tahu mengandung protein yang dapat menutrisi pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap sehat.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Tahu mengandung selenium, mineral yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Selain itu, tahu juga kaya akan isoflavon yang membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Menjaga kesehatan tulang

Tahu kaya akan berbagai mineral, seperti seng, tembaga, relenium, dan mangan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, tahu mengandung kalsium yang berperan penting melawan proses pengeroposan tulang. Oleh sebab itu, mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi risiko osteoporosis dan arthritis.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi dan tembaga pada tahu bermanfaat memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin yang mengurangi risiko seseorang terkena gejala anemia.

Memperlambat proses penuaan

Mengonsumsi tahu secara rutin dapat memperlambat proses penuaan dengan menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan kerutan. Kandungan isoflavon dalam tahu memiliki peran penting untuk melawan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Tak hanya itu, tahu juga mengandung kolagen yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan matahari dan ppolusi udara.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wow, Pelopor Batik Asal Solo Go Tik Swan Hari Ini Nampang di Google

Pada 1950-an, Swan memenuhi permintaan presiden dengan memadukan teknik batik daerah untuk memperkenalkan Batik Indonesia.

Mobil Travel Gelap Disetop Petugas Pos Makutho Solo, Penumpang Dipulangkan

Satu unit mobil elf yang diduga travel gelap dihentikan petugas di pos penyekatan Tugu Makutho Solo pada Senin (10/5/2021) pukul 23.30 WIB.

Berumur Belum 1 Bulan, AirTag Apple Sudah Kena Retas

Kurang dari sebulan sejak peluncurannya Air Tag Apple sudah bisa diretas oleh peneliti keamanan asal Jerman.

Tegas! Bupati Karanganyar Usul Penanganan Covid-19 Serahkan ke Pemda Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengusulkan penanganan Covid-19 diserahkan kepada pemda setempat.

Pemkot Jogja Ingatkan Warganya Tidak Lakukan Takbir Keliling

Pemkot Jogja melarang warganya menggelar takbir keliling. Takbir hanya boleh dilaksanakan di masjid di wilayah masing-masing.

Lebaran 2021: Jumlah Pemudik ke Sukoharjo Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

Jumlah perantau yang mudik ke Sukoharjo pada Lebaran kali ini lebih sedikit daripada tahun 2020.

Jelang Lebaran, Satpol PP Klaten Garuk 3 Pasangan Tak Resmi di Hotel Melati

Tim gabungan menyasar ke sejumlah hotel melati di kawasan kota dan Klaten bagian timur, total hotel yang disasar mencapai empat sampai lima hotel.

ABG Sopir VW Kuning Penabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten Mediasi dengan Korban, Hasilnya?

ABGpenabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Klaten dengan mobil VW kuning telah menjalani mediasi dengan korban.

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?