SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Antara Ilustrasi Lapas

Tahanan kabur di Lapas Cebongan salah satunya disebabkan kurangnya personel

Harianjogja.com, SLEMAN – Pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sleman atau sering disebut Lapas Cebongan kekurangan petugas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kanwil Kemenkum HAM DIY Pramono mengatakan, pengamanan Lapas Cebongan memang jauh dari ideal. Saat ini hanya memiliki tiga regu yang tiap regu berjumlah delapan personel sehingga jumlah petugas keamanan hanya 24 personel. Sementara jumlah warga binaan mencapai 300 orang.

Idealnya, kata dia, setiap regu berjumlah 14 personel. Karena komplek Lapas Cebongan ada enam blok sehingga masing-masing blok ada satu petugas jaga ditambah empat personel yang bertugas di empat menara pantau bagian atas, kemudian dua personel berjaga di pintu depan dan ruang portir serta dua orang personel lainnya merupakan komandan jaga.

“Sehingga mendekati ideal jumlahnya 14 personel. Saat ini tiap dua blok hanya dijaga satu personel. Itu memang jauh dari ideal,” kata dia.

Ia mengklaim telah berupaya maksimal dalam memaksimalkan penjagaan dengan personel yang minim. Dengan meminta para personel keamanan untuk meningkatkan kinerjanya dan memberikan sanksi tegas kepada mereka yang tidak disiplin.

Terkait kekurangan sumber daya manusia (SDM) itu pihaknya telah lama mengajukan permohonan ke pusat untuk penambahan personel keamanan Lapas. Sayangnya belum ada persetujuan dari pusat karena keterbatasan anggaran.

“Setiap tahun kami mengajukan tidak hanya penambahan personel saja tetapi juga kondisi bangunan Lapas agar bisa dilakukan renovasi. Karena memang butuh peningkatan untuk menjadi lebih layak huni, di Cebongan itu juga sudah overload,” ucapnya.

Kalapas Cebongan Turyanto mengakui pihaknya kekurangan SDM untuk melakukan pengamanan Lapas. Meski demikian, pasca kejadian tersebut pihaknya akan memaksimalkan pemantauan terhadap gerak gerik narapidana. “Kami memang kekurangan SDM,” ujar dia.

Berita terkait

TAHANAN KABUR : 5 Tahanan Lapas Cebongan Kabur
TAHANAN KABUR : Satu dari Lima Tahanan yang Kabur dari Lapas Cebongan Ditangkap saat Pesta Miras
TAHANAN KABUR : Ini Kasus Para Tahanan yang Kabur dari Lapas Cebongan, Perampokan hingga Pembacokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya