SOLOPOS.COM - Logo Twitter dan Facebook, media jejaring sosial utama dunia (Weblopedi.net)

Aksi bocah SD salah menyebut ikan tongkol membuat tagar #ikantongkol jadi trending topic.

Solopos.com, SOLO – Saat ini, jagat maya Twitter tengah diramaikan dengan tagar #ikantongkol. Tagar tersebut muncul gara-gara aksi lucu, A pelajar sekolah dasar (SD) yang menjawab pertanyaan Presiden Joko Widodo saat membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2017, di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kamis (26/1/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat membagikan KIP, Jokowi mengadakan kuis sederhana dengan iming-iming hadiah sepeda bagi beberapa anak yang berani maju menjawab pertanyaan yang diajukannya.

Dari sekian anak yang mengikuti kuis itu, Ari, siswa kelas III SD sukses mengundang gelak tawa tamu undangan yang hadir. Saat itu, ia diminta menyebutkan beberapa nama ikan.

Awalnya, Ari menyebut tiga nama ikan, yakni lele, paus, dan teri. Kemudian Jokowi memintanya menyebutkan satu jenis ikan lagi sebagai syarat mengambil hadiah. Ia sejenak diam dan bingung, hingga kemudian menyebut ikan tongkol dengan pengucapan yang tidak benar. Akibat ucapannya itu, ikan tongkol menjadi trending topic di Twitter, Kamis (26/1/2017).

Ditilik Solopos.com, hingga pukul 19.30 WIB, tagar #ikantongkol telah dicuitkan lebih dari 2.500 kali oleh pengguna Twitter (netizen). Beberapa dari mereka meramaikan jagat maya dengan mencuitkan tagar #ikantongkol yang mengundang gelak tawa.

“Jangan sekali2 ngomongin #ikantongkol di depan presiden, nanti takutnya kayak ngomongin bawa bom di erpot,” kicau akun Twitter @txuriurdinmb48.

“Ketika #ikantongkol berubah nama, nafsu makan hilangg,” tulis akun @Hardiansyah_.

“Awas lidahnya kesleo #ikantongkol jangan dirubah-rubah, bahaya,” kicau akun @Aidabaroro.

Sementara itu, ada pula netizen yang justru tak mengerti dengan tagar #ikantongkol itu. “Kenapa dengan #ikantongkol,” kicau akun @edd_end.

“Ada apa dengan #ikantongkol?” imbuh akun @umitriyan.

Namun, bagi akun @ahmedpedros, tagar #ikantongkol adalah hiburan terlucu. “#ikantongkol adalah stand up komedi terbaik yg pernah gw denger,” tulisnya.

“Anak yang salah sebut #ikantongkol jadi ikan Q**tol mungkin dia bingung nyebutinnya di depan banyak orang, gugup,” tulis akun @manadiya7.

#ikantongkol mengajarkan kita kalau gerogi lebih baik diem,” tulis akun @hisyamakhro. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya