SOLOPOS.COM - Sejumlah produk makanan kedaluwarsa dan kemasan rusak serta tabung elpiji dari luar rayon dibeli oleh tim gabungan lalu diamankan di Kantor Disperindagkop dan UMKM. (Suharsih)

Sejumlah produk makanan kedaluwarsa dan kemasan rusak serta tabung elpiji dari luar rayon dibeli oleh tim gabungan lalu diamankan di Kantor Disperindagkop dan UMKM. (Suharsih)

Wonogiri (Solopos.com)–Tabung elpiji 3 kg bersegel putih untuk rayon eks-Karesidenan Madiun, Jawa Timur ditemukan masih beredar di sejumlah kecamatan bagian timur Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Wonogiri meminta pihak Pertamina segera menindaklanjuti temuan tersebut. Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UMKM Wonogiri, Supardi mengungkapkan tabung-tabung elpiji yang menyeberang rayon itu ditemukan dalam kegiatan pengawasan barang beredar menjelang Ramadan dan Lebaran oleh tim gabungan Pemkab, selama sepekan ini.

Menurut Supardi, elpiji merupakan bagian dari kebutuhan pokok yang harus diawasi peredarannya. “Kami menemukan tepatnya pada hari Kamis (28/7/2011). Saat itu kami bersama Hiswana Migas dan perwakilan agen elpiji di Wonogiri, menemukan tabung-tabung bersegel putih milik rayon Jatim di Kismantoro, Purwantoro, Bulukerto, Puhpelem, dan Slogohimo. Satu sampel kami ambil dari agen di Kismantoro,” jelas Supardi, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (29/7/2011).

Supardi menambahkan terkait temuan itu pihaknya sudah langsung berkoordinasi dengan Pertamina wilayah Yogyakarta agar segera ditindaklanjuti dengan inspeksi. Sebab, keberadaan tabung elpiji bersegel warna putih di wilayah timur Wonogiri itu jelas melanggar ketentuan tentang rayonisasi distribusi gas elpiji. Menurut Supardi, untuk wilayah Wonogiri, seharusnya tabung elpiji yang beredar bersegel warna coklat.

Di sisi lain  pengawasan barang beredar menjelang Ramadan dan Lebaran selama sepekan kemarin dilakukan di 15 kecamatan. Lebih dari 100 produk makanan berbagai merk dan jenis, mulai dari makanan dan minuman ringan, hingga produk seperti susu, kecap, roti dan lain-lain ditemukan dalam kondisi sudah kedaluwarsa, dilihat dari tanggal yang tertera pada label kemasan. Selain itu ada pula produk yang kemasannya rusak.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya