SOLOPOS.COM - Petugas keamanan Pasar Nusukan, Solo, melakukan ronda masker, Kamis (14/10/2021). Pengunjung pasar yang tidak memakai masker akan ditegur. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Solo telah masuk level 2, pemantauan protokol kesehatan atau prokes di pasar tradisional terus dilakukan.

Di Pasar Nusukan, ronda masker masih dilakukan di setiap harinya. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (14/10/2021) pagi, tiga petugas keamanan pasar berkeliling pasar dengan menabuh kentungan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sambil menabuh kentungan, mereka juga mengingatkan penjual maupun pembeli di pasar yang tidak memakai masker untuk memakai masker dengan benar. Pada Kamis pagi itu, para pengunjung pasar terlihat mengenakan masker.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Akhir Pekan Ini TSTJ Solo Buka Wahana Permainan dan Atraksi Binatang

Begitu juga dengan para pedagang. Hanya ada beberapa yang posisi maskernya tidak benar, kemudian diimbau oleh petugas patroli prokes Pasar Nusukan, Solo, untuk mengenakan masker secara benar.

Menurut Kepala Pasar Nusukan, Giyarto, hingga saat ini kegiatan ronda masker masih dilakukan secara rutin di Pasar Nusukan. “Setiap pagi dan siang, kami sampaikan ke warga pasar untuk menjalankan prokes. Kami lakukan dengan pengeras suara, ada juga petugas yang keliling melalaui kegiatan ronda masker,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, meski saat ini PPKM sudah turun ke level 2, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Dengan begitu, masyarakat, termasuk warga pasar tidak abai terhadap protokol kesehatan.

Baca Juga: Dana Insentif Pemkot Solo Anjlok, dari Rp78 Miliar Jadi Rp21 Miliar

Pada sisi lain ia menyampaikan untuk saat ini tingkat kesadaran masyarakat di pasar tradisional di Kota Solo itu untuk menerapkan prokes sudah baik. Setiap warga yang memasuki pasar sudah sadar untuk selalu mengenakan masker.

Selain masker, penerapan prokes lainnya juga terus diedukasikan dan dipantau. Seperti menghindari kerumunan rajin mencuci tangan dan sebagainya. Salah satu pedagang di pasar tersebut, Didik, mengatakan sejauh ini semua pedagang di Pasar Nusukan sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan masih jalan saat ini. Ronda masker juga masih dilakukan,” katanya seraya menyampaikan harapan ke depan dengan mulai adanya pelonggaran aktivitas masyarakat, ekonomi kembali bergeliat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya