Kategori: Karanganyar

Tabrakan Dengan Ambulans Di Jalan Solo-Purwodadi Karanganyar, Truk Ini Ternyata Sedang Kesasar


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Truk berpelat nomor AB 8323 WB ternyata sedang kesasar saat tabrakan dengan ambulans di Jalan Raya Solo-Purwodadi Km 11, Dusun Kaliapit, Tuban, Gondangrejo, Karanganyar, Jumat (16/10/2020).

Akibat kecelakaan itu, truk yang dikemudikan Subowo itu sampai terguling. Beruntung, baik Subowo maupun kernetnya, Sarman, tidak mengalami luka serius.

Bowo, sapaan akrabnya, bercerita saat itu ia hendak mengantar pesanan semen putih dari Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, ke Kota Solo. Sayangnya, sopir truk itu tersesat sampai Gemolong, Sragen, dan terlibat tabrakan dengan ambulans Puskesmas Gondangrejo, Karanganyar.

Boyongan Pedagang Pasar Klewer Solo Timur Dimeriahkan Kirab, Sempat Picu Kerumunan

"Dari Pracimantoro tujuan ke daerah [Palang] Joglo. Tapi saya kebablasan, critane keblasuk sampai Pasar Gemolong itu. Nah kami mau balik lagi ke Solo. Tapi malah kecelakaan. Itu [semen putih] pesanan toko bangunan di Solo," tuturnya kepada wartawan di Mapolsek Gondangrejo, Jumat.

Subowo bercerita saat kejadian ia melaju dari utara ke selatan atau dari arah Sragen ke Solo. Dari arah berlawanan atau Solo ke Karanganyar melaju ambulans yang dikemudikan Sunarno. Tepat di belakang mobil ambulans melaju sepeda motor Honda Beat.

Menyalip Truk Tronton

Sampai lokasi kejadian, mobil ambulans Puskesmas Gondangrejo, Karanganyar, itu masuk ke jalur berlawanan sehingga terlibat tabrakan dengan truk.

"Mobil ambulans hendak menyalip truk tronton di depannya. Begitu mau nyalip, goyang kanan, masuk jalur berlawanan. Langsung menghantam bagian depan truk saya," ujar Bowo.

Waspada Lur! Risiko Covid-19 Sukoharjo Pekan Ini Naik Ke Zona Merah

Bowo mengaku saat itu tidak mengebut karena tengah membawa muatan semen putih sebanyak 7 ton. Ia juga sudah berusaha menghindar tapi karena jarak sudah terlalu dekat sehingga kecelakaan tidak terhindarkan.

"Posisi sudah terlalu dekat. Kalau saya enggak menghindar, bagian depan [truk] hancur," kata dia.

Akibat kejadian tabrakan dengan ambulans milik Puskesmas Gondangrejo, Karanganyar, itu, truk yang ia kemudikan terguling ke kiri. Hal itu menyebabkan sebagian dari muatan tumpah ke jalan.

Tabrak Truk Di Jalan Solo-Purwodadi, Sopir Ambulans Patah Tulang Paha

"Keras, benturannya. Plus menghindar reflek. Saya minggir lalu ngglempang ke kiri. Makanya [truk] bagian kanan yang kena hantam. Saya dan kenek [Sarman] hanya luka lecet. Jadi saat ngglempang itu ya saya menindih Pak Sarman. Kami keluar dari jendela pintu," jelasnya.

Bowo mengingat saat tabrak trus itu sirene mobil ambulans tidak berbunyi. Mobil ambulans juga rusak cukup parah pada bagian depan. Sopir ambulans, Sunarno, 55, mengalami patah tulang paha kanan.

Empat Korban Luka

Sopir tersebut dirawat di RSUD dr Moewardi Kota Solo. Korban lain yakni penumpang mobil ambulans, Suprapti; sopir truk, Subowo, 25; kenek truk, Sarman, 50; dan seorang pengendara sepeda motor, Rafli Ilham, 18. Mereka mengalami luka ringan.

Giliran Kades Di Weru Dilaporkan Ke Bawaslu Sukoharjo Lantaran Terindikasi Tidak Netral

Empat korban kecelakaan ambulans tabrakan dengan truk itu sudah mendapat penanganan medis dari petugas Puskesmas Gondangrejo, Karanganyar. Mereka menjalani rawat jalan.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Maulana Ozar, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, menyampaikan kecelakaan sudah mendapat penanganan dari anggota Unit Kecelakaan Satlantas Polres Karanganyar.

"Enggak ada yang meninggal dunia. Hanya memang kaki sopir ambulans itu patah. Kecelakaan itu antara mobil ambulans melawan truk. Ambulans enggak bawa pasien. Tapi ada penumpang yang duduk di depan [samping sopir]. [Kondisi penumpang] enggak apa-apa," tuturnya kepada Solopos.com melalui telepon, Jumat.

Share