Tutup Iklan

TAAT PRIBADI DITANGKAP : Pangdam Diponegoro Periksa 3 Anggota TNI Pengikut Dimas Kanjeng

TAAT PRIBADI DITANGKAP : Pangdam Diponegoro Periksa 3 Anggota TNI Pengikut Dimas Kanjeng

SOLOPOS.COM - Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Jaswandi (kanan) bersama Komandan Upacara HUT ke-71 TNI, Kolonel Lek Alit Wibowo, menaiki kendaraan usai memeriksa pasukan upacara di lapangan parade Kodam IV Diponegoro, Semarang, Selasa (5/10/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Taat Pribadi atau Dimas Kanjeng yang ditangkap polisi pengikutnya ada yang berasal dari anggota TNI Kodam IV Diponegoro.

Solopos.com, SEMARANG – Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi, membenarkan jika ada anggota TNI di kesatuan Kodam IV Diponegoro yang menjadi pengikut Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Bahkan, Pangdam menyatakan ketiga anggotanya itu telah dipanggil dan diperiksa terkait keterlibatannya sebagai pengikut Taat Pribadi.

Hal ini diungkapkan Pangdam seusai memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 TNI di lapangan parade Kodam IV Diponegoro, Semarang, Rabu (5/10/2016). “Benar ada [anggota TNI Kodam IV Diponegoro] yang jadi pengikut Taat Pribadi. Ketiganya sudah kami panggil dan menjalani pemeriksaan,” ujar Pangdam kepada wartawan.

Ketiga anggota TNI yang menjadi pengikuti Padepokan Taat Pribadi di Probolinggo itu masing-masing bertugas di tiga kesatuan berbeda, yakni di DI Yogyakarta, Rembang, dan Salatiga. Meski demikian, Pangdam enggan menyebutkan ketiga nama anggota TNI dan kesatuannya itu secara mendetail.

Jaswandi hanya menyebutkan keterlibatan anggotanya dengan Padepokan Taat Pribadi itu terjadi beberapa tahun lalu. Namun, sejak dua tahun terakhir ketiganya sudah tidak pernah ikut lagi dalam pertemuan yang digelar kelompok pengikut Dimas Kanjeng itu.

“Dari pengakuan ketiganya mereka memang pernah datang [pertemuan kelompok Dimas Kanjeng]. Tapi, itu dulu beberapa tahun yang lalu. Mereka juga mengaku menyetorkan sejumlah uang untuk sumbangan mencapai jutaan rupiah,” beber Mayjen Jaswandi.

Pangdam menambahkan, dengan menyetorkan sejumlah uang itu praktis ketiga anggotanya bisa juga disebut sebagai korban penipuan yang dilakukan Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Oleh karenanya, ia pun mengimbau anggota lainnya yang pernah terlibat untuk melapor dan lebih berhati-hati dalam melibatkan diri dalam kelompok-kelompok masyarakat.

Sementara itu, upacara HUT ke-71 TNI di Makodam IV Diponegoro itu digelar cukup sederhana, Berbeda dengan perayaan HUT TNI tahun-tahun sebelumnya yang selalu menampilkan defile prajurit maupun alat utama sistem senjata (Alutsista), perayaan kali ini tidak.

Perayaan HUT TNI kali ini hanya dimeriahkan sederet hiburan berupa pagelar teater kolosal tentang perjuangan Pangeran Diponegoro dan sederet hiburan kesenian daerah. Pangdam berkilah hal ini dikarenakan perayaan HUT ke-71 TNI tidak digelar secara terpusat, tapi terpisah di tiap-tiap daerah.

“Memang peringatan ke-71 Hari TNI ini tidak dilaksakan secara terpusat dengan menampilkan parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI. Tapi, upacara dilaksanakan serentak di tiap daerah,” ujar Pangdam dalam sambutannya saat upacara HUT ke-71 TNI.

Berita Terkait

Berita Terkini

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.