SOLOPOS.COM - Penampakan kerangka sang raja dinosaurus atau T-Rex, Tyrannosaurus rex, di American Museum of Natural History in New York City, Senin (7/9/2020). (The Sun)

Solopos.com, BRISTOL — Para ilmuwan belum lama ini menerbitkan pernyataan bahwa sang raja dinosaurus, T-Rex alias Tyrannosaurus rex kemungkinan tidak sekuat yang diperkirakan sebelumnya. Berat rata-rata T-Rex kemungkin kurang dari setengah perkiraan sebelumnya.

Para ilmuwan sekarang percaya predator yang menakutkan itu rata-rata memiliki berat sekitar tujuh ton. Hal ini telah diutarakan oleh para ilmuwan setelah meneliti T-Rex selama 100 tahun. Padahal pada penelitian sebelumnya para peneliti menempatkan berat binatang itu antara 3 ton hingga 18 ton.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Perkiraan baru ini jauh lebih kecil daripada ukuran T-Rex yang digambarkan dalam film Jurassic Park 2018 yang diproduksi Universal City Studios Productions dan Amblin Entertainment, Inc.

Prototipe Starship SN6 Sukses Meluncur, Misi ke Bulan dan Mars Kian Nyata

Ekspedisi Mudik 2024

Peneliti mengatakan bahwa mereka sedikit kesulitan dalam memperkirakan berat dari hewan yang satu ini. Hal ini sebebkan karena satu-satunya potongan dinosaurus yang tersisa adalah tulang.

Cara Mudah Meneliti

Para ilmuwan berpendapat bawa akan lebih mudah mengetahui panjang dan tinggi hewan yang punah tetapi belum tentu massanya, misalnya berapa banyak lemak atau otot di tubuh.

Tetapi, baru baru ini, para ilmuwan telah menemukan cara efektif untuk mengetahui massa dan ukuran tubuh hewan yang telah lama punah tersebut.  Cara efektif itu adalah menggabungkan dan mengukur massa dan ukuran tubuh di kertas dari tahun 1905 dan seterusnya.

BKSDA dan IAR Indonesia Selamatkan Bayi Orang Utan Cedera Kaki

Dengan cara itu, ahli paleontologi bisa mendapat gambaran paling akurat dari dinosaurus yang telah digambarkan dalam film Jurassic Park tersebut.

Yang pertama adalah mengambil tulang dan menggunakan hewan yang ada dengan ciri-ciri serupa untuk meningkatkan beratnya misalnya, mengukur lingkar lengan atau kaki makhluk hidup lain dan kemudian mengalikannya dengan ukuran tulang setara T-Rex .

Perkiraan sebelumnya mengatakan T-rex bisa memiliki berat hingga 18 ton. Bobot dinosaurus hanyalah perkiraan berdasarkan tulang mereka dan berapa berat daging mereka. Ini memberikan gambaran akurat tentang massa tubuh tetapi tidak seperti apa rupa hewan itu.

Hadapi Krisis Pangan di Era Pandemi Covid-19, Gali Potensi Talas!

Metode kedua adalah dengan menggunakan computer remodeling programs atau program renovasi computer berdasarkan kerangka yang telah diketahui sebelumnya. Lalu mereka mencampurkan keduanya.

Dengan metode tersebut para ahli paleontologi mengatakan kepada jurnal Biological Reviews bahwa rata-rata T-Rex akan memiliki berat tujuh ton, tetapi beberapa di antaranya sekitar lima ton dan beberapa spesimen yang sangat besar dapat memiliki berat hingga 10 ton.

Ditentukan Pola Makan

Pemimpin studi Dr Nicolas Campione dari Universitas New England, mengatakan ukuran massa tubuh menentukan hampir semua aspek kehidupan hewan. “Ukuran tubuh, khususnya massa tubuh, menentukan hampir di semua aspek kehidupan hewan, termasuk pola makan, reproduksi, dan penggerak.

NASA Seriusi Misi Kembali ke Bulan, Roket SLS Diuji Coba…

“Jika kita tahu bahwa kita memiliki perkiraan yang baik tentang massa tubuh dinosaurus, maka kita memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari dan memahami kehidupan mereka secara retrospektif.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan ditemukannya metode gabungan ini, peneliti dapat mengungkapkan apa yang tidak diketahui sebelumnya.

“Hanya melalui penggunaan gabungan metode-metode ini dan dengan memahami batasan dan ketidakpastian mereka, kami dapat mulai mengungkap kehidupan hewan ini, dan hewan lainnya yang telah lama punah.”

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya