Ahmad Syafi'i Maarif. (Harian Jogja-Fahmi Ahmad Burhan)

Solopos.com, JAKARTA -- Cendekiawan muslim Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana. Ketika ditemui wartwan di Kompleks Istana Kepresidenan, Buya Syafii mengungkapkan pertemuannya dengan Jokowi untuk berdiskusi tentang proporsi kabinet dan menteri yang ideal.

“Soal menteri, pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul. Dari partai juga boleh, tapi orang yang profesional, punya integritas. Itu aja,” kata Buya Syafii, Kamis (19/9/2019).

Menurut Syafii, Presiden sudah memahami betul soal integritas, kompetensi, dan profesionalisme yang dibutuhkan seorang menteri. Terkait latar belakang calon menteri pada kabinet mendatang, Syafii tidak mempersoalkan apakah dari partai politik atau profesional, asalkan memiliki integritas dan setia kepada Presiden.

“Boleh dari partai, ndak papa. Tapi yang setia kepada Presiden. Jangan yang bikin kacau,” ujarnya.

Kabar ihwal pembahasan komposisi menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin pada periode 2019-2024 memang semakin santer terdengar. Apalagi menjelang pelantikan Jokowi pada 20 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Jokowi mengakui bakal mengubah nomenklatur kementerian pada kabinet baru mendatang. Dia pun sempat menyebutkan bakal membentuk dua kementerian baru yakni Kementerian Investasi serta Kementerian Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten