SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google)

Ilustrasi (google)

JENEWA – Swis telah menahan dana hingga 1 miliar franc Swiss atau sekitar Rp9,63 triliun dari aset-aset curian yang tertkait para diktator dari empat negara yang terlibas Musim Semi Arab, yakni Mesir, Libya, Suriah dan Tunisia.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Menurut Kementerian Luar Negeri Swiss, Selasa (16/10/2012), Pemerintah Swiss telah bekerja sama dengan kekuasaan kehakiman di Tunisia dan Mesir untuk mempercepat pemulihan dana tersebut. Menurut Valentin Zellweger, kepala departemen hukum internasional di Kementerian Luar Negeri Swiss, dana senilai 700 juta franc ditemukan terkait dengan mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak dan kroni-kroninya.

“Hari ini total satu miliar franc diblokir dalam kaitannya dengan Musim Semi Arab,” katanya dalam jumpa pers di Jenewa. Angka yang disebutkan Zellweger itu merupakan yang terbaru sejak penyitaan dana sejak awal 2011.

Bank-bank Swiss selama ini banyak dikenal sebagai tempat teraman untuk menyembunyikan dana-dana hasil tindak kejahatan, tanpa biosa dilacak. Hal ini karena regulasi perbankan Swiss memberikan perlindungan mutlak bagi pemilik rekening.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya