SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BASEL–Jawara All England, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali mengharumkan nama Indonesia. Pebulu tangkis ganda campuran Merah Putih ini menundukkan pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dengan skor 21-16, 21-14 di babak final Swiss Open Grand Prix Gold 2012, Minggu (18/3/2012).

Ini merupakan pertemuan kali ketiga bagi mereka. Sebelumnya, Thontowi/Liliyana berjumpa dengan Sudket/Saralee di turnamen Macau Open Grand Prix Gold 2011 dan SEA Games 2011. Ketiga pertemuan kesemuanya dimenangkan Thontowi/Lilyana.

Seperti dilansir tournamentsoftware.com, di final Swiss Open kali ini, Thontowi/Liliyana hanya membutuhkan waktu 23 menit untuk mengalahkan lawannya. Berlaga di laga terakhir, mereka sempat unggul 3-0 di set pembuka. Tapi Sudket/Saralee berhasil mengejar ketertinggal dan berbalik unggul 8-7. Thontowi/Lilyana yang ditempatkan sebagai unggulan pertama bertahan dan menyegel set pembuka dengan kemenangan. Set kedua, nyaris menjadi milik pebulu tangkis Indonesia itu. Mereka menundukkan lawannya dengan mudah.

Di laga lain, All Chinese final terjadi di nomor ganda putri yang dimenangi Huan Xia/Tang Jinhua. Mereka menjadi jawara setelah memecundangi rekan senegaranya Yixin Bao/Qianxin Zhong dengan skor 21-17, 21-10. Kemenangan Xia/Jinhua memberi kejutan karena lawannya sebenarnya lebih diunggulkan untuk menang di nomor ini.

Pertarungan sengit terjadi di final tunggal putra yang mempertemukan unggulan keempat asal China, Chen Jin dengan unggulan kelima, Lee Hyun Il asal Korea. Chen Jin berhasil membawa pulang piala Swiss Open setelah berjuang tiga set yang berkesudahan 14-21, 21-9, 21-17.

Namun dominasi China tidak berlanjut ke nomor tunggal putri. Wakil China di tunggal putri, Wang Shixian takkluk di tangan pebulu tangkis India, Saina Nehwal 21-19, 21-16. China pun gagal menyabet trofi di nomor ini.

Sementara itu, pebulu tangkis Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato berhasil menjadi juara di nomor ganda putra setelah melibas pemain China Taipe, Chieh Min Fang/Sheng Mu Lee dengan skor 21-13, 21-14 di babak final. Naoki/Shoji merupakan pasangan ganda putra yang menaklukkan pebulu tangkis Indonesia Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan di semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya