Tutup Iklan
Timnas Spanyol. (JIBI/REUTERS/Heino Kalis)

Solopos.com, SOLNA — Timnas Spanyol hanya butuh hasil seri melawan tuan rumah Swedia pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB untuk lolos ke putaran final.

Pekan lalu tiket La Furia Roja ke putaran final Piala Eropa 2020 tertunda setelah bermain imbang 1-1 kontra Norwegia. Hasil itu sekaligus menghentikan rentetan kemenangan beruntun Saul Niguez dkk. di enam laga awal kualifikasi.

Dilansir Marca, Senin (14/10/2019), kehadiran Robert Moreno sebagai suksesor Luis Enrique memberi warna baru bagi Spanyol. Tim Matador tak ragu menghadirkan deretan nama baru seperti Pau Lopez, Mikel Oyarzabal maupun pemain veteran yang sudah absen bertahun-tahun macam Santi Cazorla dan Jesus Navas.

Dengan tiket ke putaran final Euro 2020 yang ibarat tinggal menunggu waktu, Moreno berkesempatan membuat eksperimen lebih jauh saat melawat ke markas Swedia di Friends Arena. Saat melawan Norwegia, Moreno menurunkan 11 pemain starter dari 11 klub yang berbeda.

Ini kali pertama dialami Timnas Spanyol. Sebelumnya di bawah kepemimpinan Luis Aragones, Vicente del Bosque, dan Luis Enrique, pemain Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid selalu mendominasi di susunan pemain starter Timnas Spanyol. Sekarang hanya empat dari 24 pemain Spanyol yang berasal dari tiga klub raksasa Liga Primera tersebut.

Meski demikian, “revolusi” skuat ala Moreno bisa menjadi bumerang andai sang pelatih tak benar-benar cermat menimbang kekuatan lawan. Swedia sejauh ini menjadi pesaing terkuat Spanyol di Grup F dengan 14 poin dari tujuh laga.

Jika Swedia menang tengah pekan ini, poin Swedia tinggal berjarak dua dari La Furia Roja. Spanyol bisa kian tertekan apabila Rumania yang berada di posisi ketiga dengan 13 poin mampu mengalahkan Norwegia.

Swedia sendiri tentu berambisi balas dendam atas kekalahan mereka dari Spanyol dalam putaran pertama kualifikasi di Madrid. Saat itu asa Marcus Berg dkk. mencuri poin di Santiago Bernabeu kandas setelah kebobolan tiga gol di setengah jam akhir pertandingan. Tim berjuluk Blagult ini tengah dalam moral bagus setelah menghantam Malta dengan skor 4-0 akhir pekan lalu.

Spanyol harus kian waspada karena Sergio Ramos tak bisa tampil karena skorsing. Bek Jose Gaya dan Jordi Alba juga masih absen karena cedera. Di sisi lain tuan rumah masih menunggu kebugaran Victor Lindelof untuk masuk starter melawan Spanyol.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten