Kategori: Solo

Swab Antigen Acak, Seorang Pengunjung TSTJ Solo Reaktif


Solopos.com/Mariyana Ricky P.D

Solopos.com, SOLO -- Salah seorang pengunjung Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo menunjukkan hasisl reaktif saat uji cepat swab antigen secara acak oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Minggu (27/12/2020) siang.

Uji cepat acak tersebut digelar di sekitar TSTJ sekaligus menyasar pengendara yang mengabaikan protokol kesehatan. Salah satu anggota tim dokter RSUD dr Moewardi Solo yang bertugas pada Posko Pemeriksaan Swab Antigen TSTJ, dr Ryan Aji, mengatakan ada 79 orang yang diuji cepat.

Uji Coba Flyover Purwosari Solo Berakhir, Kendaraan Nonmotor Jadi Bahan Evaluasi

“Kami menyediakan 100 alat uji cepat, namun hanya 79 yang terpakai. Mereka adalah pengunjung TSTJ dan warga yang melintas saat operasi yustisi. Seorang yang reaktif adalah pengunjung TSTJ,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Ryan mengatakan sampel swab antigen pengunjung TSTJ Solo yang reaktif tersebut akan diambil ulang untuk diuji secara RT-PCR (The Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction).

Satpol PP Sukoharjo Gencarkan Razia Miras Jelang Tahun Baru, Ini Fokusnya

Hasil uji swab PCR akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengingat pengunjung tersebut ber-KTP Solo. Pada lokasi yang sama, Kasi Pengembangan SDM Satlinmas Satpol PP Jawa Tengah, Wawan Listiya, mengatakan razia digelar tim gabungan dari Pemprov, Pemkot, dan Polresta Solo.

Hal itu untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan pada kawasan wisata TSTJ. Razia menyasar pengguna jalan yang melintasi Jl Ir Sutami, tepatnya depan pintu masuk kebun binatang.

2 Tahun Mengembara, Kartunis Solo Lilik Darmasto Hasilkan Puluhan Sketsa Kopi

Wawan menyebut ada 42 orang terjaring razia dalam operasi yang berlangsung selama dua jam tersebut. Mereka kedapatan tak memakai masker. “Kami langsung memberikan sanksi kerja sosial berupa membersihkan sampah area TSTJ serta membuat surat pernyataan,” jelasnya.

Para pengunjung TSTJ Solo dan warga yang terjaring razia juga diminta ikut uji swab antigen.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih