SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TOKYO—Suzuki telah mengkonfirmasi untuk mengundurkan diri dari ajang MotoGP mulai musim depan. Namun, tim pabrikan asal Jepang ini akan kembali pada tahun 2014 mendatang.

Masa depan program MotoGP dari Suzuki telah diragukan sejak beberapa bulan terakhir. Terlihat dari keputusan mereka yang hanya memakai satu motor pada MotoGP 2011.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Suzuki juga tidak mengikuti pabrikan lainnya seperti Honda, Ducati dan Yamaha yang melakukan tes motor bermesin 1.000cc yang akan dipakai mulai musim balap 2012. Kendati disebut-sebut, sebuah motor sedang dalam pengerjaan dan Suzukiakan memulai musim dengan mesin lama 800cc sebelum pindah ke mesin baru.

Kini, Suzuki resmi mengumumkan pengunduran dirinya setidaknya selama dua musim dari ajang balap motor kelas premier ini. Hal itu terpaksa dilakukan terdampak oleh krisis ekonomi global sembari mengembangkan motor yang kompetitif.

“Perusahaan Motor Suzuki telah memutuskan untuk menghentikan sementara partisipasinya di FIM Balap Motor Grand Prix MotoGP dari 2012,” dalam keterangannya sebagaimana diberitakan Autosport.

“Penangguhan ini untuk mengatasi dengan situasi sulit yang utamanya disebabkan oleh resesi berkepanjangan di negara-negara maju, sebuah presiasi sejarah Yen Jepang dan bencana alam yang berulang.”

“Membidik kembali ke MotoGP pada 2014, Suzuki kini akan fokus mengembangkan sebuah motor yang kompetitif dengan mesin baru untuk kelasnya.”

“Suzuki akan melanjutkan kegiatan motorcross dan mendukung aktivitas balapan menggunakan motor yang diproduksi secara massal, dengan mendapatkan ijin dan kerjasama dengan pemasok alat-alat balapan.”

Pembalap Suzuki 2011, Alvaro Bautista telah bergabung dengan Honda Gresini untuk balapan tahun depan. Suzuki sempat melakukan uji coba motor dengan eks pembalap Pramac Ducati, Randy de Puniet di Valencia, pekan lalu.

Kemenangan terakhir di MotoGP yang didapat Suzuki adalah balapan basah di seri Prancis 2007 yang diukir Chris Vermeulen. Sedangkan titel juara Suzuki terakhir kali dipersembahkan Kenny Roberts Jr pada tahun 2000.(dts)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya