SOLOPOS.COM - Suzuki Nex seharga Rp13 juta-an dapat dibawa pulang dengan DP Rp50.000, Jumat (11/9/2012) di Suzuki Medan Jaya Jogja depan Jogjatronik. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan motor ditengah kondisi penurunan kredit konvensional dengan DP 30 persen.


Suzuki Nex seharga Rp13 juta-an dapat dibawa pulang dengan DP Rp50.000, Jumat (11/9/2012) di Suzuki Medan Jaya Jogja depan Jogjatronik. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan motor ditengah kondisi penurunan kredit konvensional dengan DP 30 persen.

JOGJA—Ditengah kebijakan BI yang menetapkan pembayaran Down Payment/DP atau uang muka sebesar 30 persen dari harga kendaraan ternyata Suzuki mampu menerapkan pembayaran yang jauh lebih murah. Hanya dengan uang muka Rp50.000, pemesan dapat langsung membawa pulang motor ke rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Strategi yang di keluarkan Suzuki Medan Jaya Group dengan uang muka Rp50.000 terlihat sensasional jika dibandingkan dengan diler lainnya yang lebih memilih mempergunakan cara leasing konvensional dengan DP 30 persen.

Kepala Cabang Suzuki Medan Jaya Jogja, Chandra Satriawan, mengatakan pembayaran uang muka Rp50.000 yang dimulai hari Jumat (11/9/2012) sampai akhir November ini bertujuan untuk meningkatkan minat kredit konsumen yang sejauh ini terus mengalami penurunan dikala penerapan sistem kebijakan kredit konvensional di awal bulan Juni 2012 kemarin.

“Kami mencoba berbagai cara agar minat kredit kendaraan kembali pulih bahkan dapat meningkat. Salah satu jalan yang kami ambil adalah dengan DP Rp50.000,” ungkap Chandra, Jumat (11/9) kepada Harian Jogja.

Untuk merealisasikan DP Rp50.000, Suzuki Medan Jaya Group menggandeng leasing berstatus syariah sebagai pengelola pendanaan. Dipilihnya leasing syariah dikarenakan proses yang dijalani lebih mudah dan juga dapat memberikan pilihan alternatif dalam menyiasati pemberian DP yang rendah.

Chandra memaparkan dalam strateginya Suzuki memberikan penawaran DP Rp50.000 di penjualan motor dengan kisaran Rp13jutaan, diantranya Suzuki Nex karburator, Suzuki Nex Injeksi, serta Suzuki Titan. Bagi calon pembeli yang lolos seleksi kriteria leasing, membayarkan uang DP Rp50.000 serta cicilan pertama berkisar Rp433.000 sampai Rp472.000. Setelah cicilan pertama, kemudian cicilan selanjutkan akan berlaku sama seperti cicilan awal selama 48 kali atau setara dengan bayaran 4
tahun.

“Keputusan calon konsumen layak atau tidak, kami serahkan seluruhnya kepada pihak leasing,” tambahnya.

Dengan program ini, Suzuki optimis dapat meningkatkan penjualan motor hingga 20 persen dengan total penjualan diangka 200 unit Suzuki Nex dan 100 unit Suzuki Titan. Prilaku konsumen yang mencari DP rendah membuat pengguna kredit syariah meningkat dan mengalahkan kredit konvensional dengan perbandingan 70 persen untuk kredit syariah dan 30 persen kredit konvensional.

Rustam Hari Wibowo, Marketing Head Adira Finance I wilayah Jogja dan Sleman mengatakan pembayaran DP Rp50.000 merupakan program baru dari Adira Finance Syariah yang berlaku sampai akhir bulan November. Jika program ini berhasil, program ini akan berlanjut hingga akhir Desember 2012.

“Kami ingin meningkatkan trafik pinjaman,” kata Rustam.

Diakui Rustam, program yang dilaunching Jumat (11/9/2012), akan banyak mengambil perhatian orang untuk mengkredit motor. Kendati demikian, dalam pengajuan kredit, Adira Finance Syariah turut menyeleksi pengaju dan hanya menyetujui jika memenuhi persyaratan, dianataranya mampu dalam finansial, benar-benar membutuhkan kendaraan, dan memiliki kejelasan dalam identitas serta fungsi kendaran.

“Selain DP Rp50.000, kami juga akan memberikan potongan tenor kepada pengaju kredit,” tambahnya.

Pembayaran DP dengan nominal DP rendah memang mengorbankan cicilan yang tinggi. Untuk memperkecil tingkat resiko, leasing syariah juga menyiasati dengan cara penyeleksian calon pengaju kredit dengan lebih selektif dan teliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya