SOLOPOS.COM - LAUNCHING SUZUKI ERTIGA- Model berpose dengan mobil Suzuki Ertiga saat peluncurannya di atrium Solo Square, Minggu (29/4/2012). Suzuki Ertiga merupakan kendaraan serbaguna untuk segmen bawah low MPV. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

LAUNCHING SUZUKI ERTIGA- Model berpose dengan mobil Suzuki Ertiga saat peluncurannya di atrium Solo Square, Minggu (29/4/2012). Suzuki Ertiga merupakan kendaraan serbaguna untuk segmen bawah low MPV. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO–Suzuki Ertiga tampaknya bakal menjadi pesaing kuat mobil sekelas multy purpuse vehicle (MPV) low seperti Avanza, Xenia dan Grand Livina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya, meski baru di-launching, Minggu (29/4/2012), inden mobil berkapasitas mesin 1.400 cc itu telah menembus 123 unit di area Soloraya. Pihak Suzuki optomistis Ertiga akan terjual setidaknya 50 unit/bulan di Solo sekitarnya. Sedangkan secara nasional, dalam tahun ini, Ertiga ditargetkan terjual hinga 50.000 unit.

Ekspedisi Mudik 2024

National Sales Head Sales R4 Suzuki Indomobil Sales, Hady Surjono Halim, menyampaikan keyakinannya Ertiga mampu bersaing dengan kompetitornya meskipun pangsa pasar kompetitor cukup besar. Selain lantaran produk Ertiga sendiri telah mengalami proses riset selama tiga tahun sehingga kualitasnya terjamin, juga lantaran pasar low MPV adalah pasar yang gemuk.

Dia mengatakan, saat ini pasar low MPV di Tanah Air menguasai hampir 50% dari volume penjualan semua mobil. Sedangkan di dunia secara umum, pasar low MPV terus tumbuh antara 15%-20% per tahun. “Kami sangat yakin dengan target 50.000 unit itu. Apalagi produk kami berkualitas, kami mengutamakan comfort dan safety,” jelas Hady, saat jumpa pers di sela-sela launching Suzuki Ertiga di Solo Square, Minggu (29/4).

Seperti produk sekelasnya, Ertiga dibanderol dengan harga bersaing, mulai Rp147,6 juta sampai Rp170 juta tergantung tipenya. Suzuki menyediakan tiga tipe, GA;GL dan GX. Di Indonesia, semua produk Ertiga menggunakan bahan bakar premium, meskipun di negara lain ada unit berbahan bakar solar.

Rasa comfort alias kenyamanan Ertiga, dijelaskan Hady, tampak dari kursi yang nyaman dengan tiga barus kursi penumpang dan kabin luas sehingga memudahkan keluar masuk. Meski berupa MPV, Ertiga mengadopsi model sedan Suzuki Swift, yang telah diakui dunia, mudah dikemudikan, konsumsi bahan bakar efisien, kinerja mesin optimal, dan nyaman.

Sedangkan safety, tercermin dari bodi mobil yang kuat dan ringan. Selain itu masing-masing pintu dilengkapi sido door impact beam yang berfungsi menahan penumpang saat ada benturan keras dari arah samping. Khusus tipe GX, juga dilengkapi air bags untuk keamanan pengemudi dan penumpang di kursi depan.
Sementara itu, Deputy Active Director 4W Marketing Directorate Suzuki, Hideaki Tokuda, menambahkan dengan kehadiran Ertiga, diharapkan market share Suzuki akan terkerek. Sebelumnya, Suzuki menguasai hampir 10% pasar mobil Tanah Air. Dia memproyeksi kemunculan Ertiga akan mendorong market share tumbuh jadi 15%.

Di sisi lain, Direktur Solo Indonesia Utama (Diler utama Suzuki di Solo), Edy Susanto mengundang masyarakat Solo untuk melakukan test drive Ertiga di diler setempat, di Pabelan Kartasura. Masyarakat bisa mencoba produk anyar ini seklaigus berkesempatan memenangkan undian motor Suzuki Nex. Bagi masyarakat yang setelah test drive melakukan pemesanan berhak ikut undian 5 unit Ertiga yang diundi selama lima periode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya