Suzuki Ertiga. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Persiapan produsen Suzuki menghadapi trend kendaraan ramah lingkungan telah diimplementasikan melalui beberapa model yang mengusung teknologi hybrid dan listrik. Melengkapi jajaran mobil listriknya, Suzuki berniat kembali menghadirkan Ertiga bertenaga listrik.

Rencana tersebut seperti dilansir dari Indiatimes, Suzuki baru akan meluncurkannya pada tahun depan. Bila hal ini terwujud, Suzuki Ertiga akan menjadikan produk mobil listrik kedua yang dimiliki oleh Suzuki. Sebelumnya mereka sedang mengembangkan Suzuki Wagon R EV yang beberapa kali sempat melakukan test drive.

Suzuki masih dalam tahap penyelesaian dalam mengembangkan sektor mobil yang ditenagai listrik. Keputusan Suzuki dalam memilih seri Ertiga sebagai mobil listrik memiliki beberapa alasan.

Salah satunya penggunaan Suzuki Ertiga sebagai mobil listrik karena mobil serba guna ini sangat laris di pasaran baik untuk kendaraan pribadi atau dijadikan kendaraan komersil.

Kemungkinan Suzuki Ertiga yang ditenagai listrik ini akan memiliki body yang lebih panjang daripada mobil Ertiga yang menggunakan bensin atau diesel.

Sebelumnya para teknisi dan insinyur dari Suzuki ingin menjadikan mobil sedan Ciaz nya untuk dijadikan mobil listrik, namun penggunaan mobil sedan akan memerlukan perubahan yang besar jika ditenagai menggunakan listrik.

Tetapi hingga saat ini belum ada kepastian apakah Suzuki Ertiga listrik ini akan diluncurkan dibawah pangsa pasar Toyota. Suzuki juga belum memberikan konfirmasi mengenai hal ini.

Untuk saat ini, Suzuki sedang mempersiapkan peluncuran mobil listrik Wagon R di India pada tahun depan. Bersamaan dengan itu, Suzuki juga mengembangkan pabrik baterai lithium-ion untuk kendaraan listriknya. Suzuki bekerja sama dengan perusahaan teknologi Toshiba dalam pengembangan baterai untuk mobil.

Namun Suzuki tidak sendirian dalam menjual produk mobil listriknya di India. Perusahaan kendaraan asal Korea, Hyundai, baru saja meluncurkan mobil listrik yang dapat menempuh jarak jauh yang diberi nama Kona. Bahkan Honda juga dikabarkan akan menguji coba mobil listriknya yang mengusung dari mobil seri Honda Jazz.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten