Suwarto dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Calon Guru Besar UNS

 Logo UNS Solo

SOLOPOS.COM - Logo UNS Solo

UNS Solo akan mengukuhkan dua guru besar lagi, yakni Suwarto dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani.

Solopos.com, SOLO – Salah satu perguruan tinggi di Kota Solo, Universitas Sebelas Maret (UNS), menambah dua guru besar. Suwarto dari Fakultas Pertanian dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani dari Fakultas Hukum (FH), akan dikukuhkan sebagai guru besar di Auditorium UNS Solo, Sabtu (26/11/2016) mendatang.

Pada Sabtu nanti, Suwarto akan memaparkan pidato pengukuhannya yang berjudul Peran Kelembagaan Petani Lahan Kering dalam Optimalisasi Pendapatan Rumah Tangga Berkelanjutan. Melalui penelitiannya tersebut, Suwarto menyoroti persoalan lahan dan nasib petani, khususnya di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Tekanan penduduk atas lahan menyebabkan usaha tani meluas ke semua pelosok pedesaan, ke daerah-daerah kering, daerah hulu yang bergelombang hingga berbukit, rawan erosi dengan luas penguasaan lahan terbatas,” ungkap Suwarto saat digelar jumpa wartawan di Resto Solo Bistro Solo, Kamis (24/11/2016).

Sementara Ayu, akan menyampaikan pidatonya berjudul Meneguhkan Eksistensi dan Peranan Hukum Administrasi Negara dalam Penyelesaian Konflik Tenurial Kawasan Hutan di Indonesia Guna Menciptakan Kepastian Hukum dan Keadilan.

Pidato itu akan memaparkan persoalan konflik pengaturan yang terkait dengan kepemilikan, akses, penguasaan dan kontrol atas tanah, pohon, air dan sumber daya alam lainnya di Indonesia.

“Solusi bahwa konflik kawasan hutan tidak cukup ditangani tapi juga bagaimana memberikan pemahaman pada prosedur mekanisme, yang sesuai norma dan aturan yang benar pada ranah hukum administrasi Negara,” paparnya dalam jumpa wartawan di tempat yang sama.

Suwarto dan Ayu masing-masing akan tercatat sebagai guru besar ke-180 dan ke-181 di UNS Solo. Ayu tercatat sebagai guru besar ke-6 di FH UNS.


Berita Terkait

Berita Terkini

Elite PKS Berseloroh Dukung Ganjar Capres, Indikasi Menyeberang?

PKS, kata Mardani, memiliki prinsip bekerja sama dengan sosok-sosok yang memiliki integritas tanpa memandang ras, agama, ataupun sukunya.

Ganjar Dapat Paket Berlogo Persis Solo dari Lulusan Inggris, Ini Isinya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendapat sebuah paket berlogo Persis Solo dari dua anak muda asal Solo dan Jogja yang baru lulus dari universitas di Inggris.

Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, musikus senior Oddie Agam bukan hanya menderita stroke, tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.

Pacu Eskpor, UKM Diajak Manfaatkan Banyak Program Kemendag

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan komitmen mereka untuk terus mendukung UKM hingga mampu menembus pasar ekspor.

Pengamat: PDIP Takkan Pecah Selagi Masih Ada Mega

Diamnya Megawati justru perlu dimaknai bahwa dia sedang mengamati dan menganalisis perkembangan dari segala aspek

Persis Solo Menang, Warga Semanggi Ini Bagi-Bagi Kue Gratis

Seorang warga Semanggi, Gandhi Iwan Soekarno, 30, memiliki cara tersendiri saat merayakan kemenangan saat Persis Solo mengalahkan PSCS Cilacap dengan skor 2-0.

UMR Jateng 2022 Diusulkan Naik 10% Jadi Rp1,9 Juta

Kaum buruh di Jawa Tengah meminta UMP atau UMR 2022 naik 10% menjadi Rp1,9 juta yang disesuaikan dengan standar kelayakan hidup.

Posisi 15 Kades Kosong, Pemkab Klaten Tak Berencana Gelar PAW

Pemkab Klaten tidak memilih opsi PAW karena saat ini sedang pandemi Covid-19, butuh anggaran banyak, dan kurang memerhatikan asas demokrasi.

12 Sekolah di Semarang Ini Belum Gelar PTM, Ini Alasannya

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) sudah berlangsung hampir dua bulan.

Ini Dia Juri Festival Film Indonesia 2021, Siapa Saja?

Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan nama-nama juri tahap akhir.

Kisah Kades Gatak Klaten, Beri Pelayanan Terbaik Meski Kondisi Drop

Di tengah kondisi batin yang dilanda kesedihan, Walino harus tetap memberikan pelayanan optimal kepada warga.

Serem! Pria Ini Diganggu Makhluk Halus Hingga Terjungkal dan Terseret

Seorang pria yang tengah melakukan pemanasan sebelum berolahraga dikagetkan dengan alat kebugaran yang bergerak sendiri.

Makam Misterius di Solo Baru Ternyata Ada Hubungan dengan Keraton Solo

Makam misterius di tengah trotoar jalan utama Solo Baru, Sukoharjo, ternyata memiliki hubungan sejarah dengan Keraton Solo, begini ceritanya.

Sidang Perdana Kasus Nasabah Gugat Bank Mandiri Di PN Kudus

Gugatan nasabah terhadap PT Bank Mandiri Kantor Cabang (Kancab) Kudus terkait dugaan pembobolan rekening mulai digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kudus.