SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Bencana banjir menlanda 19 desa di empat kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Selasa (16/10/2018). Di hari yang sama, beberapa bencana lain juga melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Hal itu memicu keprihatinan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. Dengan beberapa bencana yang terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan itu Sutopo menyebut bencana juga bisa berbhineka tunggal ika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bencana pun juga berbhineka tunggal ika,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitternya, @Sutopo_PN, Selasa (16/10/2018).

Sutopo menjelaskan telah terjadi beberapa bencana di waktu yang hampir bersamaan pada Selasa (16/10/2018). “Pada saat bersamaan, banjir melanda Aceh, kebakaran hutan di Sumatra Selatan, kekeringan di banyak daerah di Jawa, dan gempa di Sulawesi Tengah,” bebernya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB itu menegaskan semua sukarelawan kemanusiaan pasti akan turun untuk membantu semua korban bencana alam di Indonesia. “Semua anak bangsa bergerak memenuhi panggilan kemanusiaan untuk membantu korban bencana,” tandasnya.

Dijelaskan Sutopo, banjir di Aceh Jaya itu tak menelan korban jiwa. Meski tak menelan korban jiwa, ada 8.118 orang yang terdampak musibah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya