SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kabar duka mengenai meninggalnya Kepala Pusat Data dan Inforasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho tersiar hingga ke kampung halamannya, Boyolali. Sejumlah orang yang mengenalnya sejak kecil teringat masa remaja Sutopo yang langganan juara I di sekolah hingga aktivitas sosialnya.

Di rumah Harsono dan Sri Rosmandari, orang tua Sutopo, di Dk. Surodadi RT 007/ RW 009, Boyolali, Komandan SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo; Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinungharjo; serta sejumlah relawan badan kebencanaan tampak hadir.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Selain kiprahnya di tingkat nasional, Sutopo memang dikenal lantaran kiprahnya di bidang kemanusiaan di Boyolali. Sinung menyebut Sutopo pernah terlibat dalam pengembangan SDM di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Boyolali, serta sejumlah kegiatan kerelawanan.

Sedangkan Kurniawan yang juga teman seangkatan Sutopo di SMPN 1 Boyolali dari 1983-1986 menyebutkan Sutopo merupakan siswa yang pandai dan langganan menjadi juara kelas. Sutopo juga dikenal sebagai pribadi yang rendah hati karena meskipun pintar secara akademis, tetapi tetap diimbangi dengan sikapnya yang santun.

Sementara itu, beberapa tetangga di kampung tersebut juga berkumpul di rumah orang tua Sutopo. Tampak di rumah duka beberapa kerabat dan tetangga. Sedangkan kedua orang tua Sutopo sudah berada di rumah duka di kawasan Depok, Jawa Barat.

Paman Sutopo, Joko Prabowo, menyebutkan jenazah Sutopo saat ini masih berada Cina untuk kemudian diterbangkan ke Jakarta. “Kami berharap pengurusan pemulangan jenazah dari luar negeri berjalan cepat sehingga sore nanti sudah tiba di Jakarta,” ujar Joko ketika berbincang dengan Solopos.com.

Joko belum dapat memastikan kapan jenazah Sutopo akan dibawa pulang ke Boyolali. “Semuanya masih tergantung proses pemulangan dari luar negeri,” imbuh dia.

Termasuk rencana pemakaman Sutopo, keluarga juga belum memberi keputusan. “Semuanya masih tergantung proses termasuk tempat permakaman, namun dari pihak keluarga berencana permakaman dilakukan di TPU Sonolayu,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya