SOLOPOS.COM - Prajurit Keraton Solo melakukan latihan di Alun-Alun Utara beberapa waktu lalu. Kota Solo dinilai merupakan salah satu pusat kebudayaan yang memiliki nilai adat kuat sehingga dijadikan salah satu tujuan kunjungan anggota Badan Legislasi DPR yang tenjgah menyusun RUU Perlindungan Masyarakat Adat. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Prajurit Keraton Solo melakukan latihan di Alun-Alun Utara beberapa waktu lalu. Kota Solo dinilai merupakan salah satu pusat kebudayaan yang memiliki nilai adat kuat sehingga dijadikan salah satu tujuan kunjungan anggota Badan Legislasi DPR yang tenjgah menyusun RUU Perlindungan Masyarakat Adat. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO — Lima orang anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR mengunjungi Balaikota Solo, Senin (22/10/2012). Dalam kunjungannya, mereka membahas tentang Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perlindungan Masyarakat Adat bersama Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Wakil Ketua Baleg, Dimyati Natakusumah, Solo menjadi salah satu kota di Indonesia yang masih kental unsur adat dan tradisi. Pihaknya berharap bisa menimba ilmu seputar penanganan masyarakat adat berikut budaya yang melingkupinya. “Kami pilih Solo karena kota ini memiliki keraton yang sangat bersejarah. Sebelum Indonesia berdiri, Keraton Kasunanan bahkan sudah ada. Kami ingin minta masukan tentang penegakan hukum dan perlindungan masyarakat adat di kota ini untuk memperkuat RUU,” ucapnya.

Mantan Bupati Pandeglang ini mengakui masih banyak masalah mengenai masyarakat adat. Beberapa yang sering muncul yakni konflik kepentingan mengenai pemanfaatan wilayah adat. Hal ini, imbuhnya, sering berujung pada tindakan hukum yang tidak proporsional. “Dengan adanya UU ini, kami ingin menekan konflik terkait masyarakat adat. Jika semua lancar, RUU ini akan disahkan tahun depan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya