Ilustrasi logo Whatsapp (Stuff)

Solopos.com, SOLO – Situs jejaring sosial Facebook dan Instagram tumbang sejak Rabu (13/3/2019) malam. Hingga Kamis (14/3/2019) pagi, pengguna masih melaporkan akun mereka yang tak bisa diakses lewat Twitter. Tumbangnya Facebook dan Instagram juga diikuti oleh aplikasi pesan instan, Whatsapp.

Sebagaimana dilaporkan Okezone dari The Verge, Kamis (14/3/2019), meskipun pengguna dapat membuka platform yang terlihat sudah pulih, namun masih ada masalah saat mengirim pesan di messenger, mem-posting pada feed-nya, dan mengakses fitur lainnya di Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Sebelumnya, Whatsapp tampak baik-baik saja bagi banyak orang, tetapi pengguna di Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan lebih banyak lagi mencatat mereka mulai mengalami masalah dengan mengirim pesan dari sore hari hingga sekarang. DownDetector menunjukkan mereka yang berada di Brasil mengalami pemadaman paling parah.

Pengguna menguji beberapa akun, dan menemukan bahwa Messenger tidak dapat memuat sama sekali di desktop, meskipun aplikasi seluler berfungsi. Instagram jauh lebih buruk, bagi sebagian pengguna, posting-an tidak bisa muncul, stories Instagram tidak aktif, dan pesan langsung (direct message) serta tombol untuk mengirim konten baru juga tidak berfungsi.

Sementara itu, bagian iklan Facebook juga tidak berfungsi. Hal ini menyebabkan kesalahan internal ketika pengguna mencoba membeli iklan.

Sekitar satu jam setelah pengguna pertama kali mencatat pemadaman, Facebook merespons di Twitter. Ia juga mencatat bahwa "masalah ini tidak terkait dengan serangan DDoS."

Menurut DownDetector, sepertinya pemadaman terutama di New England, Texas, Seattle, Washington, bagian dari Amerika Latin, termasuk Peru, Inggris, India, dan Filipina. Pengguna juga mengatakan masalah ada di Kanada, Las Vegas, dan Turki untuk mencatat pemadaman di sana juga. Kami telah menjangkau Facebook dan Instagram untuk mempelajari lebih lanjut.

Salah satu pengguna mencatat mencoba Facebook untuk masuk ke aplikasi seperti Tinder atau Spotify juga tidak berfungsi. Mencoba melakukannya akan memunculkan kesalahan yang mengatakan fitur ini tidak tersedia saat ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten