SOLOPOS.COM - ilustrasi (tofu-hilman.blogspot.com)

ilustrasi (tofu-hilman.blogspot.com)

Susu kedelai dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki tingkat protein nabati sangat tinggi. Namun ternyata susu yang berbahan biji kedelai ini, juga memiliki kandungan gizi yang dapat mengatasi kolesterol jahat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kolesterol adalah salah satu lemak tubuh  yang sebenarnya sangat penting untuk aktivitas membran sel, membuat hormon, vitamin, dan asam empedu. Kolesterol juga membantu dalam transmisi impuls saraf,” jelas praktisi herbal Bagus Saputra, saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Karangbendo CT III, Sleman, belum lama ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Bagus menambahkan, tingkat kolesterol dalam darah seseorang tergantung pada apa yang dimakan dan bagaimana tubuh membuat kolesterol di dalam hati. Jika kolesterol terlalu banyak dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh dalam sistem kardiovaskuler.

Seperti diketahui, dalam tubuh terdapat dua macam kolesterol yakni yang buruk disebut low-density lipoprotein (LDL) dan yang baik disebut high-density lipoprotein (HDL). LDL dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung, sedangkan  HDL menghilangkan kelebihan LDL dalam darah dan membawanya ke hati untuk pembuangan.

Di dalam tubuh kolesterol akan bergabung dengan protein, membentuk senyawa yang disebut lipoprotein,  yang terdiri dari dua jenis yaitu LDL dan HDL. HDL disebut sebagai kolesterol baik karena berfungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri dan membawanya kembali ke hati tempat kolesterol dipecah dan dikeluarkan.

Susu kedelai mampu menghalau kolesterol jahat karena  mengandung lesitin  yang bersifat melarutkan kolesterol dalam darah, sehingga tidak ada lagi penyempitan dan penyumbatan. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai justru menurunkan kolesterol.

Dalam satu gelas susu kedelai terdapat sumber antioksidan potensial. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan isoflavon. Isoflavon bermanfaat  mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis, dan mengurangi risiko kanker. Juga menjaga kehalusan kulit.

“Saat ini telah ada produk susu bubuk kedelai Green Soya yang terbuat dari biji kedelai pilihan dan diolah secara higienis. Cara mengonsumsinya sama seperti susu pada umumnya,” pungkasnya. (JIBI/Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya