SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com-Setelah susu kedelai, kini susu beras atau rice milk turut populer. Dikemas dalam kemasan karton seperti jenis susu lainnya. Warnanya putih mirip susu sapi. Apa saja kelebihan nutrisi susu yang dibuat dari brown rice ini?
Dibandingkan dengan susu kedelai dan susu almond, aroma susu beras lebih netral. Bisa dikonsumsi kapan saja seperti halnya susu lainnya. Di pasaran susu beras juga mudah didapat dalam kemasan siap minum. Apa saja kelebihan yang dimiliki susu rendah lemak kaya nutrisi ini?

1. Asal-Usul
Sebenarnya, tidak diketahui persis asal susu beras. Tetapi minuman ini sudah populer dikonsumsi di berbagai negara. Diberi nama milk atau susu karena warna putih cairannya yang mirip susu, walaupun sebenarnya tidak berasal dari susu sapi. Susu beras dibuat dari butir saripati beras dengan cara dimasak, diblender, lalu disaring. Susu beras dalam kemasan juga sering dibuat dengan rasa vanilla dan cokelat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

2 Kaya Nutrisi
Susu beras tidak berakibat buruk jika dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa, kolesterol tinggi dan gula darah tinggi. Selain rendah lemak, rice milk juga mengandung karbohidrat yang lebih tinggi daripada susu sapi. Kalsium, vitamin A, B, D, B12, antioksidan, niasin dan zat besi juga ada di dalamnya. Susu beras akan jauh lebih baik jika dibuat sendiri, karena seringkali susu beras dalam kemasan sudah diberi pemanis.

3. Protein lebih rendah dari susu sapi
Protein susu beras ternyata tak sebesar susu sapi. Karenanya perlu diimbangi dengan sumber protein lain. Makanya, susu beras tak bisa dikonsumsi sebagai satu-satunya sumber protein untuk asupan harian.

4. Cocok untuk penderita alergi
Susu beras ini bisa menjadi solusi buat mereka yang alergi susu sapi dan tak menyukai rasa susu kedelai. Kadar lemak susu beras sekitar 3 gram per cangkir, sedangkan susu sapi 11 gram per cangkir. Kalorinya juga hanya 140 dibandingkan susu sapi dengan 185 kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya