Tutup Iklan

Sustainable Muslim Fashion ISEF Usung Konsep Peduli Lingkungan

Sustainable Muslim Fashion ISEF diselenggarakan secara daring dan luring.

 Gelaran Sustainable Muslim Fashion ISEF pada 2020 lalu. (JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLOPOS.COM - Gelaran Sustainable Muslim Fashion ISEF pada 2020 lalu. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Gelaran Sustainable Muslim Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021 kembali hadir pada tahun yang ke delapan dengan mengangkat tema New  Normal is Sustainable Fashion. Tema tersebut digaungkan sebagai upaya menggiatkan sosialisasi konsep sustainable fashion sebagai gaya hidup di era new normal, sejalan dengan prinsip thayyiban (kebaikan) yang merupakan bagian dari gaya hidup halal.

National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan tema Sustainable Muslim Fashion ISEF  tersebut merupakan bentuk respons terhadap kondisi pasar dan isu fesyen berkelanjutan yang tengah berkembang secara global.  “Dunia 10 tahun belakangan ini memang sedang concern dengan isu sustainbility. Di awal tahun 2000-an, muncul fast fashion yang berdampak negatif. Yang tadinya konsep fesyen itu slow, setahun hanya dua kali membuat koleksi, kini setahun bisa sampai dua belas kali,” kata Ali di Jakarta Convention Center (JCC), seperti dikutip dari Antara, Kamis (28/10/2021).

Pemilihan tema Sustainable Muslim Fashion ISEF dilandasi kenyataan saat ini konsumsi fesyen sekali pakai berkembang semakin cepat yang dipicu oleh harga produk murah sehingga mendorong konsumen membeli secara berlebihan. Harga murah tersebut, lanjut Ali, bukan diperoleh melalui pengurangan biaya  produksi melainkan menekan harga tenaga kerja menjadi lebih murah.

Baca Juga: Anggun Lakukan Karantina di Jakarta, Warganet Sindir Rachel Vennya

“Kalau orang setiap bulannya itu membuang atau mengganti pakaian, kita bisa bayangkan berapa juta pieces setiap harinya. Ini yang akhirnya menjadikan polusi di lingkungan,” bebernya.

Melihat kondisi tersebut, Ali mengaku dirinya juga merasa bertanggung jawab untuk ikut merespon kondisi iklim global yang semakin memburuk. Ia menilai produk-produk busana muslim masih didominasi oleh bahan sintetis yang kurang ramah lingkungan. “Untuk konsep ISEF tahun ini, saya berharap supaya industri busana muslim itu in-line bukan sekadar tren tetapi juga gaya hidup sustainability. Karena sustainable fashion itu bukan perihal tren yang tahun depannya bisa hilang. Ini memang perubahan gaya hidup, yang mau tidak mau, harus kita jalankan terus ke depannya. Kalau tren akan berubah-ubah, landasannya harus tetap sustainable,” terang Ali.

Sustainable Muslim Fashion ISEF diselenggarakan secara daring dan luring di Jakarta Convention Center (JCC) mulai Rabu-Sabtu (27-30/10/2021). Acara ini diinisiasi oleh Bank Indonesia yang bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC).

Baca Juga: Hilangkan Kecemasan dengan Hipnotis 5 Jari, Begini Caranya

Gelaran ini terdiri dari rangkaian kegiatan pameran, talkshow, business matching, competition, serta fashion show busana muslim karya para perancang mode Indonesia dan anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA). Pada hari kedua, rangkaian fashion show diawali dengan Fashion Parade 3 yang menampilkan karya dari Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Bengkulu X Rengganis, Kursien Karzai, Nina Nugroho, Agus Sunandar, Batik Dwi Putro/Batik Kampung Katak, dan sebagainya.

Dilanjutkan dengan Fashion Parade 4 yang menampilkan koleksi dari Tiyasa X Zya Indonesia, Vee House by Alvy Oktrisni, Ayu Dyah Andari, Nunik Mawardi, Meeta Fauzan, dan sebagainya. Sustainable Muslim Fashion ISEF tahun ini memberikan pengalaman berbeda bagi para desainer untuk mempresentasikan karyanya di atas runway dengan konsep teatrikal. Pada hari kedua, Fashion Presentation menampilkan koleksi OLANYE by Eko Tjandra X Pyo Jewelry, Songket by Kabupaten Batubara, Elsiera X Tya’s dari Islamic Fashion Institute, Thiffa Qaisty X Rorokenes, IR & IR, Aninda Nazmi, dan Agung Bali Collection X Wati Bahalap.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Momentum Black Friday dimanfaatkan setiap hari Jumat sehari setelah perayataan Thanksgiving.

Mengenal Varian B.1.1.529 yang Disebut Memiliki Jumlah Mutasi Tinggi

Varian B.1.1.529 kali pertama terlihat di Botswana, dimana tiga kasus kini telah diurutkan.

Ini Kiat Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Agar cepat  pulih setelah menjalani operasi caesar berikut empat kiat yang bisa Anda lakukan.

Begini Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina, ada sejumlah hal perlu diperhatikan salah satunya adalah posisi tidur.

Begini Sifat Orang Dengan Weton Jumat Legi Seperti Anak Raffi Ahmad

Menurut perhitungan Jawa,begini sifat dan ramalan nasib orang terlahir Jumat Legi seperti anak Raffi Ahmad tersebut.

Cara Cegah Kakak Cemburu Pada Adik Baru Seperti Terjadi Pada Rafathar

Untuk mencegah dampak negatif dari munculnya rasa cemburu kakak pada  adik baru ini orang tua sebaiknya perlu melakukan persiapan untuk si kakak sedini mungkin.

4 Fakta dan Sejarah Unik Restoran All You Can Eat, Ada Sejak Abad ke-16

Kegemaran masyarakat akan restoran AYCE membuat semakin banyak pelaku usaha mengadopsi konsep ini dengan keunikan masing-masing.

5 Rekomendasi Smart TV, Hiburan Terbaik di Dalam Rumah

Meski tidak senikmat menonton di bioskop, streaming film di rumah akan lebih asyik lagi jika Anda menontonnya melalui smart TV.