SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Tim dokter RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten yang menangani pasien suspect Avian Influenza (AI), AM, 13, warga Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno menunggu hasil lab dari Departemen Kesehatan (Depkes) di Jakarta untuk memastikan kondisi AM. Sebelumnya, sample usap tenggorok AM berdasarkan uji lab Dinkes Provinsi Jateng dinyatakan negatif AI.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP dr Soeradji Tortonegoro, dr Djoko Windoyo SpRM, akhir pekan lalu, mengatakan, menilik dari gejala panas tinggi yang dialami AM, pihaknya juga melakukan tes untuk mengetahui kemungkinan apakah AM menderita tipus atau demam berdarah dengue (DBD). “Sejauh ini hasilnya masih negatif untuk tipus atau DBD. Tapi perkembangannya akan terus kami pantau,” jelasnya di RSUP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Djoko menambahkan, panas badan AM yang sempat mencapai angka 40 derajat Celsius sudah menurun sehingga mencapai suhu normal 36,5 derakat Celcius. Dia mengatakan, sambil menunggu hasil lab Depkes yang diharapkan selesai Senin (31/5), AM masih dirawat intesif di ruang isolasi. Menurutnya, uji lab usap tenggorok sesuai prosedur harus dilakukan dua tahap supaya terdapat kepastian dalam penanganan pasien.

Dia menuturkan, pihak rumah sakit tak berani berspekulasi dalam menangani AM yang sejak Rabu (26/5) lalu dirujuk ke RSUP. Sebab, sudah ada standard operational procedure (SOP) yang harus ditempuh oleh tim. Dia menambahkan, sepanjang belum ada kepastian hasil lab Depkes, AM tetap diperlakukan sebagai pasien <I>suspect<I> AI dan pemantauan atas perkembangan kondisinya dilakukan dengan ketat.

rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya