Susi Pudjiastuti Siap Tampung Rusa Kelaparan Semarang Zoo, Pengelola Menolak
Susi Pudjiastuti. (Instagram-@susipudjiastuti115)

Solopos.com, SEMARANG – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastusi, menyatakan siap menampung rusa-rusa yang kelaparan di Semarang Zoo di kebunnya, Pangandaran, Jawa Barat. Ini merupakan bentuk perhatian serius Susi terhadap rusa-rusa yang kelaparan selama pandemi Covid-19.

Tawaran tersebut disampaikan Susi di akun Twitter @susipudjiastuti, Sabtu (2/5/2020). “Saya mau dititipin rusa2 ini .. bisa antar ke kebun saya di Pangandaran … nanti setelah pandemi selesai silahkan diambil lagi,” tulisnya di akun @susipudjiastuti.

Dor! Maling di Sleman Tembak 2 Orang Saat Dikejar Warga

Kicauan Susi itu menyusul santernya pemberitaan di media online terkait satwa termasuk rusa di Semarang Zoo yang kelaparan selama pandemi Covid-19. Pengelola kebun binatang kesulitan memberikan pakan kepada para satwa.

Menanggapi tawaran Susi, Direktur Utama (Dirut) PT Taman Margasatwa Semarang selaku pengelola Semarang Zoo, Samsul Bahri Siregar, mengaku senang. Meski demikian, Samsul belum bisa menerima tawaran mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Jokowi Jilid I itu.

“Terima kasih untuk perhatian bu Susi terhadap Semarang Zoo. Namun, jika harus memindahkan satwa kami tidak bisa,” ujar Samsul, Senin (4/5/2020).

Virus Corona dari Laboratorium Wuhan? Inggris Desak China Terbuka

Samsul mengatakan semasa pandemi Covid-19 ini sejumlah objek wisata mengalami dampak signifikan. Tak terkecuali Semarang Zoo dan rusa-rusa di dalamnya yang mengalami kelaparan. Penutupan objek wisata membuat pengelola kebun binatang tidak mendapat pemasukan guna membiayai operasional, seperti makanan satwa.

Meski demikian, hingga saat ini dia mengklaim pengelola Semarang Zoo masih mampu memenuhi kebutuhan secara mandiri. Meskipun dia mengakui harus mengurangi biaya operasional.

Turis Amerika Serikat Masuk Ponorogo Saat Pandemi Covid-19, Warga Geger

Klaim Sudah Dapat Bantuan

“Untuk perawatan satwa dan pemberian makanan, kami masih bisa mandiri untuk saat ini. Tapi, jika pandemi sampai Lebaran nanti masih berlanjut kami akan koordinasikan dengan jajaran pimpinan [Pemkot Semarang],” tuturnya.

Samsul pun mengomentari tawaran Susi untuk menampung rusa-rusa Semarang Zoo yang kelaparan di kebunnya. Dia mengatakan daripada menawarkan kebunnya sebagai tempat penitipan satwa, alangkah baiknya Susi mengirimkan bantuan berupa pakan hewan.

Kasus Covid-19 di KRL Jabodetabek, Pemerintah Pusat Harus Tanggung Jawab

“Kalau Bu Susi mengirimkan bantuan berupa pakan hewan, mungkin bisa kami terima. Tapi, kalau untuk memindahkan satwa kami belum bisa,” tegasnya.

Samsul menambahkan hingga saat ini Semarang Zoo sudah menerima bantuan pakan satwa dari beberapa pihak. Salah satunya dari Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Animal Center. Bantuan dari PKBSI itu berupa 300 kg daging ayam, 10 ton rumput, dan 10 sak pelet.

Prank Bantuan Makanan Sampah, Rekan Ferdian Paleka Ditangkap Polisi

Samsul pun menyebutkan, bantuan pakan satwa dari PKBSI sejumlah 300 kg daging ayam, 10 ton rumput, dan 10 sak pelet. Sementara bantuan dari Animal Center berupa 3 ton katul dan 1 ton jagung.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho