SOLOPOS.COM - Ilustrasi insomnia (news.com.au)

Solopos.com, SOLO — Banyak hal yang membuat orang mengalami susah tidur. Semisal tagian yang belum dibayar, atau atasan yang tiba-tiba melimpahkan pekerjaannya kepada Anda. Sebanyak 80% warga Australia mengalami insomnia, sehingga fenomena susah tidur ini menjadi hal wajar.

Beberapa gangguan akan menyerang jika Anda kelelahan dan tidak tidur. Efek kurang tidur akan menyebabkan kekebalan tubuh menyusut, tekanan darah naik, risiko terkena diabet dan sakit kepala hingga parah.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Kurang tidur juga menyebabkan berat badan bertambah, sebab hormon nafsu makan akan mendorong untuk dipenuhi ketika Anda dalam kondisi tidak tidur.

Berikut ini tips untuk mengalahkan insomnia sebagaimana dikutip dari news.com.au, Senin (2/9/2013):

1. Jangan melihat jam karena akibatnya cukup fatal. Anda akan mengkhawatirkan sisa waktu yang dimiliki untuk beristirahat.

2. Bantal jenis tertentu akan membuat Anda terlelap kembali bahkan ketika sedang berpergian.

3. Konsumsi pisang, karena buah tersebut mengandung tryptophan yang merangsang produksi melatonin dan serotonin di otak. Pisang juga mengandung magnesium yang merupakan relaksan otot alami.

4. Secangkir teh panas dengan dicampur satu sendok teh madu juga dianggap ampuh untuk membuat Anda rilek, sehingga dapat kembali terlelap dalam tidur.

5. Ucapkan kalimat-kalimat bahagia yang akan membuat Anda terlena.

6. Mulai berhitung sampai angka 1-300 dengan mengambil napas dalam-dalam

7.Oleskan minyak lavender pada pelipis Anda

8. Perdengarkan rekaman deburan ombak di pantai dengan meminum secangkir susu hangat.

9. Ucapkan selamat tidur ke seluruh bagian tubuh mulai dari jari-jari kaki, tumit, pergelangan kaki, betis dan seterusnya.

10. Bayangkan Anda memenangkan lotre dan menggunakan uangnya untuk apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya