Ilustrasi orang beribadah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan orang yang baru saja putus hubungan dengan kekasih tentu patah hati. Terlebih, jika ia tak mampu untuk cepat move on atau melupakan mantan.

Ngomong-ngomong soal percintaan dan masalah hati, Ustaz M. Tatam Wijaya, melalui laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), mengungkapkan Nabi Muhammad SAW pernah memberikan gambaran.

"Sesungguhnya hati bani Adam yang berada di antara dua jari Zat Yang Maha-Rahman itu bagaikan satu hati saja. Dia selalu mengubah-ubahnya sesuai dengan kehendak-Nya," hadits riwayat Tirmidzi.

Dengan hadits itu, ketika seseorang merasa kesulitan untuk mengendalikan hatinya, maka manusia disarankan untuk pasrah kepada Allah SWT.

Sementara itu, dalam hadis lain, Rasulullah menyatakan, "Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong. Ia terombang-ambing oleh angin, sehingga mudah terbolak-balik," hadits riwayat Ahmad.

Karena sifatnya yang mudah berubah-ubah, menurut Ustaz M. Tatam Wijaya, hati kemudian disebut dengan kalbu sesuai dengan asal kata Arabnya. Melalui doa berikut, Rasulullah selalu memohon kepada Allah agar senantiasa diberi keteguhan hati di atas agama-Nya.

Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbii 'alaa diinika.

Artinya: Wahai Zat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu," hadits riwayat Al-Nasai'.

Setelah memanjatkan doa tersebut, Rasulullah kemudian menyambungnya dengan doa dari Alquran Surat Ali Imran ayat delapan.

Rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rahmatan innaka antalwahhaab

Artinya Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia).

Dalam riwayat lain, jelas Ustaz Tatam, Rasulullah memanjatkan doa seperti hadits riwayat Bukhari berikut:

Allaahumma, musharrifal quluub sharrif quluubanaa ilaa thaa'atika.

Artinya: Ya Allah, Zat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu.

Maka bagi Anda yang ingin diteguhkan hatinya oleh Allah akibat godaan rasa cinta kepada orang yang tak sepantasnya dicinta, ada baiknya sering membaca doa di atas.

Rasulullah memang tidak mengkhususkan doa tersebut untuk tujuan itu, tapi untuk semua hal yang berkenaan dengan hati yang kita sudah tak mampu mengendalikannya, maka perbanyaklah membacanya.

Nah itulah doa agar hati dikuatkan dan diteguhkan oleh Allah SWT, termasuk setelah putus hubungan dari kekasih dan agar cepat move on dari mantan. Tapi bagaimana pun juga, berpacaran memang tak diperbolehlan dalam Islam. Maka dari itu, hindari pacaran agar tak patah hati dan segeralah menikah!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten