Surya Paloh memberikan sambutan di pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). (Antara/Hafidz Mubarak A)

Solopos.com, JAKARTA – Surya Paloh diusulkan menjadi capres dalam Pilpres 2024. Usulan tersebut disampaikan tujuh DPW Partai Nasdem dalam Kongres II yang digelar di JIExpo Sabtu (9/11/2019).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Johnny G. Plate, mengatakan, Surya Paloh juga diusulkan kembali menjadi Ketua Umum periode 2019-2022. Bahkan, ada tujuh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem yang mengusulkan Surya Paloh maju sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Ketujuh DWP yang menyampaikan usulan tersebut antara lain, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Jambi, dan Gorontalo.

"Ada tujuh di antara DPW juga mengusulkan [Surya Paloh] sebagai calon presiden tahun 2024," kata Johnny G. Plate, seperti dikutip dari Detik.com, Minggu (10/11/2019).

Tetapi usulan tersebut masih ditampung karena agenda pembahasan capres tidak ditetapkan dalam empat rapat pleno di Kongres II Partai Nasdem. Johnny G. Plate menerangkan pembahasan tentang capres 2024 akan berkembang di rapat komisi dan pleno yang digelar hari ini.

Johnny G. Plate juga belum bertanya langsung kesediaan Surya Paloh maju di Pilpres 2024. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mekanisme pencalonan presiden. Misalnya konvensi melibatkan beberapa tokoh hingga akademisi.

“Kami juga belum bertanya kepada Pak Surya Paloh, apakah bersedia menjadi calon presiden kami belum tahu. Tetapi mekanisme pencalonan presiden juga itu ada beberapa modelnya, termasuk misalnya melalui proses demokratisasi bottom up bisa saja memilih model konvensi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” jelas Johnny G. Plate.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten