SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Menurut hasil survei terbaru Lembaga Survei Jakarta (LSJ), perolehan suara Partai Gerindra dan Partai Hanura diperkirakan bakal melesat ke papan atas.

“Sejak survei LSJ pada awal 2013, Partai Hanura dan Partai Gerindra sudah menunjukkan gejala-gejala akan melepaskan statusnya sebagai partai papan bawah,” ujar Peneliti Utama LSJ, Syaiful Syam, dalam paparan hasil survei LSJ di Jakarta, Kamis (3/4/2014)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Syaiful mengatakan, survei LSJ yang dilaksanakan pada 18 sd 30 Maret 2014 itu menunjukkan, jika Pemilu dilaksanakan saat ini Hanura akan dipilih oleh 15,1% publik. Sedangkan partai Gerindra memiliki elektabilitas sebesar 13,5%.

“Kedua partai ini dianggap bersih, kedua kadernya jarang tersangkut kasus korupsi,” ujar dia.

Partai Golkar dan PDI Perjuangan juga mengalami peningkatan elektabilitas cukup signifikan. Bahkan kedua partai ini diprediksi punya peluang paling besar untuk memenangkan Pemilu 2014. “Partai Golkar memiliki elektabilitas tertinggi 18,5% dan PDI Perjuangan 17,6%,” katanya.

Sedangkan partai peserta Pemilu 2014 yang memperlihatkan potret kurang bersinar adalah Partai Demokrat dan PKS. Partai Demokrat hanya mampu bertengger di posisi 6, dengan elektabilitas 6,3%, dan PKS di posisi 10 sebesar 3,6%.

“Kedua partai dianggap tidak berhasil melakukan konsolidasi internal semenjak kasus-kasus korupsi bergelombang menimpa mereka,” katanya.

Sementara itu diantara lima partai berbasis massa islam yang kelihatannya akan sedikit mengalami peningkatan dukungan adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai kaum santri pedesaan ini dalam survei LSJ dan sejumlah lembaga survei lain bercokol sebagai yang terbaik dari lima partai berbasis islam. “Digadang-gadangnya Rhoma Irama, Jusuf Kalla dan Mahfud MD sedikit banyak turut mengangkat PKB dari keterpurukan,” katanya.

Survei LSJ ini dilaksanakan di 33 Provinsi, dengan mengambil sampel sebanyak 1225 penduduk Indonesia yang telah memiliki hak pilih. Sedangkan margin of error +/-2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut Elektabilitas Partai :
Golkar      18,5%
PDI P         17,6%
Hanura     15,1%
Gerindra   13,5%
Nasdem      7,1%
Demokrat   6,3%
PKB               5,1%
PPP               4,5%
PAN              4,2%
PKS               3,6%
PBB               1,9%
PKPI              0,5%
Undecided   2,1%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya