Survei LSI: Ganjar Pranowo Kandidat Capres 2024 Terkuat dari PDIP
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Instagram @ganjar_pranowo)

Solopos.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi salah satu kandidat capres 2024 terkuat dari PDIP. Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei Pilpres 2024 dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Hasil survei itu dirilis pada Senin (22/2/2021) lewat siaran Youtube. Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden sebagai sampel basis. Margin of error dari ukuran sampel yakni +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dikabarkan Detik.com, Selasa (23/2/2021) , responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Survei dilaksanakan pada 25-31 Januari 2021.

Baca juga: Disebut Tak Salat & Bersyukur di Buku Pelajaran, Ganjar Pranowo: Mungkin Itu Kritik Buat Saya

Ganjar Capres 2024

Pada survei top of mind, Presiden Jok Widodo (Jokowi) dan Ganjar Pranowo menjadi kandidat terkuat capres 2024 pilihan responden. Tetapi, Presiden Jokowi tentu tidak bisa maju lagi sebagai capres pada pilpres mendatang.

Survei kemudian dilakukan dengan pertanyaan semi terbuka. Hasilnya, nama Ganjar Pranowo muncul sebagai capres 2024 terkuat dari kader PDIP. Dia menempati posisi kedua di bawah Presiden Jokowi dengan persentase 10,6%.

Kader PDIP lainnya yang masuk bursa capres 2024 versi LSI adalah Ahok di urutan keempat dengan 7,2% serta Menteri Sosial Tri Rismaharini yang berada di posisi keenam dengan persentase 5,5%.

Baca juga: Proyek Rel Layang Joglo: Diusulkan Rudy, Digagas Gibran di Debat Pilkada, Direstui Menteri Basuki

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani yang merupakan anak Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, justru kalah pamor. Dia menempati urutan ke-22 daftar capres 2024 debngan persentase 0,1%.

LSI kemudian melakukan survei capres 2024 dengan simulasi tertutup mengacu pada 14 nama. Hasilnya, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani menjadi capres 2024 dari PDIP dengan elektabilitas yang kuat.

Baca juga: Kado Pahit di Ultah ke-6 Fauzi Sragen: Tangan Diamputasi Gegara Malapraktik

Dalam survei itu Ganjar Pranowo berada di urutan kedua dengan 14,7%. Sementara Puan Maharani berada di posisi ke-11 dengan persentase 0,8%.

LSI kemudian mengerucutkan kandidat capres 2024 dengan 10 nama. Hasilnya kembali memunculkan nama Ganjar Pranowo sebagai kandidat capres 2024 dengan persentase 15,4%. Perolehan itu membuatnya berada di posisi kedua di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom