SOLOPOS.COM - Kiri ke kanan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (kolase foto Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan nama Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi tiga nama bakal calon presiden (capres) mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ganjar dalam simulasi survei tersebut memperoleh elektabilitas sebanyak 40 persen. Sedangkan Prabowo dan Anies masing-masing sebanyak 36,8 persen dan 23,2 persen.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Meski unggul dalam simulasi tiga nama capres pada Mei 2023 ini, jika dilihat angka yang diperoleh Ganjar Pranowo mengalami penurunan. Pada Januari 2023 lalu, Ganjar Pranowo mendapat angka 44,2 persen, turun menjadi 40,0 persen pada Mei 2023.

Hal berbeda didapatkan Prabowo Subianto, pada simulasi tiga nama capres Mei 2023 ini angka didapat Prabowo mengalami peningkatan. 

Pada simulasi Mei 2023 ini, Prabowo mendapat 36,8 persen meningkat dibanding Januari 2023 yang 29,1 persen.

Penurunan juga didapat oleh Anies Baswedan, pada simulasi tiga capres Mei 2023 ini, Anies memperoleh 23,2 persen. Angka tersebut menurun dibanding Januari 2023 yang 26,8 persen.

Sementara soal elektabilitas, Prabowo menjadi tokoh dengan tingkat keterpilihan paling tinggi mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, begitu pula apabila ketiganya head to head (h2h).

Elektabiltas Prabowo pada periode survei 29 April – 10 Mei 2023 tercatat sebesar 24,5 persen menggeser Ganjar Pranowo yang kini harus berada di peringkat kedua dengan angka 22,8 persen.

Sementara itu, Anies Baswedan yang menjadi calon presiden dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) konsisten menempati urutan ketiga dengan tingkat keterpilihan sebanyak 13,6 persen.

Survei Litbang Kompas ini diselenggarakan pada 29 April-10 Mei 2023 dengan jumlah sampel 1.200 yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Sampel dipilih menggunakan teknik penculikan sistematis bertingkat, dengan margin eror kurang lebih 2,83 persen.

 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya