Survei Ini Sebut Rakyat Puas Kinerja Ekonomi, Airlangga Capres Teratas

Nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto kembali muncul dalam simulasi tokoh yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini.

 Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat pelantikan Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar, Sabtu (8/5/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat pelantikan Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar, Sabtu (8/5/2021). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil survei terbaru lembaga Panel Survei Indonesia (PSI) menyebutkan mayoritas responden puas dengan kinerja pada penanganan dan pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Sebanyak 83,3 persen dari total 2.160 responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Koordinator Survei Nasional PSI Permadi Yuswiryanto menuturkan survei yang digelar pada 6 hingga 20 Mei 2022 ini menunjukkan sebanyak 12,1 persen responden sangat puas dan 71,2 persen cukup puas dengan kinerja penanganan dan pemulihan ekonomi menghadapi pandemi Covid-19 di bawah komando Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.

Kepuasan responden terhadap kinerja di bidang perekonomian ini sejalan dengan hasil elektabilitas Airlangga Hartarto untuk pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Menurut Permadi, berdasarkan simulasi empat nama menteri yang berpotensi bertarung di Pilpres 2024, nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berada di urutan pertama.

“Mayoritas dari responden atau 40,8 persen memilih Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kemudian sebanyak 32,2 persen memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sebanyak 7,7 persen memilih Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan 2,7 persen memilih Menteri BUMN Erick Thohir,” tutur Permadi dalam rilis survei terbarunya yang diterima Solopos.com, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Permadi menambahkan, nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto kembali muncul dalam simulasi tokoh yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini.

“Mayoritas responden 19,9 persen menjawab Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai sosok paling dipilih sebagai presiden jika Pemilu diadakan hari ini,” ujar Permadi.

Menariknya, di bawah nama Airlangga, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang menempati urutan kedua dengan 14,3 persen dipilih responden.

Nama Prabowo Subianto berada di urutan ketiga dengan 9,6 persen, diikuti Ganjar Pranowo (9,2 persen), Menteri Keuangan Sri Mulyani (5,7 persen) hingga Anies Baswedan dengan 3,7 persen.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja perekonomian dan elektabilitas Airlangga juga sejalan dengan tingginya keterpilihan Partai Golkar dalam survei PSI.

Baca Juga: Survei: Masyarakat Kapok Polarisasi, Airlangga Capres Paling Dipilih

Berdasarkan hasil survei PSI, hanya tujuh partai politik yang memiliki elektabilitas melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Golkar berada di urutan pertama dengan 16,9 persen, disusul PDIP (16,2 persen), Gerindra (16,1 persen), dan Nasdem dengan 6,4 persen.

Posisi di bawah Nasdem ada PKS dengan 5,6 persen, Demokrat 5,2 persen, dan PKB dengan 4,7 persen.

Survei PSI dilakukan dengan wawancara melalui telepon. Survei ini menggunakan metode simple random sampling, dengan margin of error sekitar 2,11 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Pemerintah Buka Lowongan 1 Juta CPNS dan PPPK Tahun Ini

Penerimaan ASN pada tahun ini akan berfokus pada jabatan fungsional PPPK guru dan tenaga kesehatan yang tengah berada dalam proses validasi.

Investasi Yusuf Mansur: Berharap Berkah Berbuah Musibah?

Sebagian investasi Yusuf Mansur itu kini digugat ke pengadilan dan dilaporkan secara pidana ke kepolisian.

Perjalanan Berisiko Jokowi dan Para Pemimpin Dunia Demi Misi Damai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi kepala negara Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina di tengah invasi Rusia. Sebelum Jokowi, sejumlah pemimpin negara lain di Eropa juga mempertaruhkan keselamatan mereka dengan berkunjung ke Ukraina.

Mungkinkah Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, Begini Analisisnya

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mewacanakan duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menjadi pemersatu bangsa

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Apresiasi Prestasi Mahasiswa, UMS Gelar Student Achievement Award 2022

Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Student Achievement Award (SAA) 2022.

10 Berita Terpopuler: 11 Daerah Wajib MyPertamina & Piala Presiden 2022

Ulasan tentang 11 daerah yang wajib menerapkan MyPertamina untuk membeli Pertalite-Solar dan Piala Presiden 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (29/6/2022).

Wapres: Pernikahan Beda Agama Dilarang

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan sesuai fatwa MUI pernikahan beda agama haram dilakukan.

Duh, 1,7 Juta Bayi di Indonesia Belum Peroleh Imunisasi Dasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan kondisi tersebut berdampak pada peningkatan jumlah kasus penyakit yang seharusnya bisa dicegah lewat imunisasi atau PD3I.

Butuh Kerja Sama Antarnegara Mencegah Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo menyerukan negara G7 dan G20 bersama-sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang agar tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Sejarah Hari Ini: 29 Juni 1957, Menara Tokyo Mulai Dibangun

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di belahan dunia pada 29 Juni.

Ladang Ganja 10 Hektare Ditemukan di Cianjur, Lokasinya di Tengah Hutan

Polres Cianjur menemukan ladang ganja seluas 10 hektare di lereng Gunung Karuhan, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo pada pekan lalu meminta jajarannya fokus mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan. Langkah ini sangat penting sebagai upaya menghadapi krisis pangan global yang mulai melanda berbagai negara di belahan dunia.