SOLOPOS.COM - Dua pasangan calon wali kota-wakil wali kota menyampaikan salam seusai debat perdana Pilkada Solo di The Sunan Hotel, Jumat (6/11/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pasangan calon nomor urut 1 Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso, diprediksi melenggang mulu ke kursi Wali Kota Solo. Akan tetapi, Gibran-Teguh akan menang tidak sampai lebih dari 70% suara.

Demikian hasil survei yang dilakukan Indo Barometer bertajuk Potrek Nasib Dinasti Politik di Pilkaa 2020. "Di Kota Solo, pasangan nomor urut 1 Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa berpeluang melenggang mulus di pilkada Kota Solo, 9 Desember 2020," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, dari keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Survei dilakukan pada 20-25 November 2020. Populasi survei ini adalah warga Kota Solo yang telah memiliki hak pilih atau berusia 17 tahun ke atas.

Jelang Pilkada Solo: Gibran-Teguh Dan Bajo Sama-Sama Optimistis Menang, Berapa Target Suaranya?

Simulasi dilakukan dengan mengajukan pertanyaan tertutup dengan 2 calon, yakni Gibran-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Suparjo (Bajo). Pertanyaan yang diajukan adalah 'Seandainya Pemilihan Wali Kota Kota Surakarta dilakukan hari ini, dari 2 pasangan calon berikut manakah yang B/I/S pilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota?'.

Hasilnya, Gibran unggul telak dengan mengantongi 67,8%. Sementara responden yang memilih Bajo hanya 4% .

"Pemilih di Surakarta sudah terkonsolidasi. Kalau 4% ditambah responden yang rahasia dan belum memutuskan lari ke Bajo juga masih kalah dengan Gibran yang 67,8 persen," ujarnya.

Dulu Pengin Jadi Pendamping, Wanita Cantik Ini Yakin Gibran Jadi Wali Kota Solo

Unggul di Semua Aspek

Sementara itu ada 1% responden yang menyatakan tidak akan memilih, menyatakan rahasia 6,3%, belum memutuskan 19,8%, dan tidak tahu/tidak jawab 1,3%.

"Gibran Rakabuming Raka secara konsisten unggul dalam berbagai variabel yang berpengaruh dalam pilkada sebagaimana terekam dalam survei. Yakni tingkat pengenalan, tingkat kesukaan, penilaian kepribadian, penilaian kemampuan, alasan memilih, tingkat kepuasan pada Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo, kepuasan kepada Jokowi sebagai Presiden RI," papar Qodari.

Indo Barometer juga menjelaskan berpeluangnya Gibran-Teguh untuk duduk di kursi Solo-1 juga diuntungkan oleh latar belakang PDI Perjuangan yang unggul di kota itu. Selain itu, sang ayah menang telak di Pilpres 2019.

10 Calon Kepala Daerah Terkaya di Pilkada 2020, Gibran Masuk?

"Gibran juga diuntungkan oleh 3 latar belakang politik di Kota Solo, di mana PDI Perjuangan unggul sangat dominan dalam pemilu legislatif 2014 dan 2019, calon gubernur PDIP unggul di pilkada gubernur Jateng 2013 dan 2018. Calon presiden asal PDIP yang juga ayah kandung Gibran juga menang telak di Pilpres 2014 dan 2019," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya