SOLOPOS.COM - Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami (Liputan6.com)

Survei Google kali ini tentang pertumbuhan pesat pengguna Youtube di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA— Pertumbuhan jumlah video yang diunggah pengguna Youtube dari Indonesia paling besar dibandingkan negara lain di kawasan Asia Pasifik. Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, mengatakan dari hasil survei pertumbuhannya meningkat ratusan persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Selasa (20/10/2015), Veronica mengemukakan hasil dari survei Google, peningkatan Youtube Indonesia dari tahun ke tahun mencapai 600% berdasarkan data kuartal ketiga 2015 dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu lebih besar tiga kali lipat dari negara lain di Asia Pasifik.

Selain jumlah video, durasi menonton video di Youtube Indonesia bertambah panjang. Dibandingkan kuartal ketiga 2014, durasi menonton meningkat 130% tahun ini. Lagi-lagi, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik.

Dari hasil survey Google, pengguna di Indonesia mayoritas menonton Youtube melalui ponsel pintar dan rata-rata menghabiskan waktu selama 30 menit.

Menurut Veronica, periode mengakses Youtube terjadi hampir sepanjang waktu, namun peningkatan terlihat signifikan setelah jam makan siang dan malam hari.

Selain itu, dia juga memaparkan sepuluh konten Youtube yang paling banyak ditonton di Indonesia, yakni musik di posisi pertama, disusul oleh tutorial, komedi, trailer film, film asing, User Generated Content, pendidikan, hiburan, sepak bola dan gaya hidup.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (21/10/2015), Google Indonesia kembali merilis data-data terbaru mengenai perilaku orang Indonesia dalam akses Internet khususnya streaming video lewat platform Youtube.

Menurut survei Google, jumlah penonton video di Youtube via smartphone melebihi jumlah penonton video Youtube via komputer sekitar 60%. Artinya penonton Youtube di Indonesia memang sering mengakses streaming video lewat smartphone daripada menonton lewat komputer atau laptop.

Veronica Utami mengungkap alasan lainnya mengapa peningkatan penggunaan streaming video di smartphone terus melonjak tinggi. Ia menjelaskan smartphone merupakan sesuatu yang bersifat personal  yang memang sering digunakan pemiliknya hampir seharian penuh.

Ia juga membeberkan data survei Google Indonesia, diperkirakan  90 juta masyarakat Indonesia sudah online dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang aktif terkoneksi Internet dengan penetrasi 43%  di smartphone dibandingkan di komputer yang hanya 15%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya