SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil saat mencoba catwalk di Citayam Fashion Week. (Instagram/@ridwankamil)

Solopos.com, JAKARTA–Survei Cawapres 2024 yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menunjukkan Ridwan Kamil menempati posisi tertinggi pilihan publik sebagai tokoh yang dianggap pantas menjadi calon wakil presiden pada Pemilihan Umum 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebutkan nama Ridwan Kamil muncul ketika lembaganya melakukan simulasi dengan tiga nama calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto kepada responden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mencatat pendukung Anies banyak memilih Ridwan Kamil, diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sandiaga Uno sebagai cawapresnya.

“Basis Mas Anies itu cenderung terbagi ketiga nama, ada pendukung Anies yang memilih Ridwan Kamil, ada yang memilih Pak AHY, ada yang memilih Pak Sandi,” kata Burhanuddin dalam rilis survei di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Dalam survei cawapres 2024 itu, Indikator Politik Indonesia juga menyatakan para pendukung Ganjar Pranowo lebih cenderung memilih Ridwan Kamil sebagai pendampingnya.

Baca Juga: KAHMI Muda Deklarasi Erick Thohir sebagai Cawapres 2024

Demikian pula hasil survei cawapres 2024, Indikator Politik Indonesia mencatat pendukung Prabowo cenderung memilih Gubernur Jawa Barat itu.

Dalam simulasi yang dilakukan Indikator, Ridwan Kamil mendapat elektabilitas 19,7%, disusul AHY 16,3%, Sandiaga Uno 12,8%, Erick Thohir 9,6%, dan Khofifah Indar Parawansa 5,3%.

Berikutnya, survei cawapres 2024 dari Indikator Politik Indonesia menempatkan Andika Perkasa meraih 3,3%, Puan Maharani 3,1%, Tri Rismaharini 2,7%, Susi Pudjiastuti 2,2%, Mahfud Md 2,0%, Airlangga Hartarto 1,6%, dan Gatot Nurmantyo 1,3%.

Sementara dalam bursa calon presiden, nama Ridwan Kamil juga menguat sebagai tokoh di bawah Ganjar, Anies, dan Prabowo. Ridwan Kamil dinilai stabil di bawah tiga tokoh tersebut.

Burhanuddin menambahkan survei cawapres 2024 tersebut dilakukan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022.

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Menteri Bahlil Pertanyakan Puan Maharani Soal Deklarasi

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang, margin of error sekitar plus minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sebelumnya, hasil survei cawapres 2024 yang dilakukan Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada posisi teratas sebagai calon wakil presiden dengan elektabilitas 22,5%.

Elektabilitas Ridwan Kamil pada survei cawapres 2024 mampu menyalip Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang kini berada di posisi kedua dengan 18,3%. Sementara tempat ketiga ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan tingkat elektabilitas 9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya