SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Joko Widodo (Jokowi). (Dok/JIBI/Solopos)

Joko Widodo (Jokowi). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO –Joko Widodo (Jokowi) unggul dalam berbagai survei calon presiden (Capres) 2014. Mantan Walikota Solo yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini, makin sering disebut-sebut sebagai kandidat Capres terkuat, mengalahkan sejumlah tokoh politik senior.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ,Siti Zuhro, menilai jika hasil survei tersebut tidaklah mengada-ada karena meskipun hanya diambil sampel, hasil survei tetaplah berasal dari suara rakyat.

Siti dalam sesi Dinamika 103 SoloposFM, Senin (16/7/2013), mengungkapkan jika sosok Jokowi yang sabar dan sederhana membuatnya menjadi leader icons atau sosok pemimpin ideal.

“Tak salah jika mereka menginginkan Jokowi. Rakyat benar-benar menginginkan leader, bukan dealer. Rakyat sudah bosan dibohongi oleh janji-janji kampanye,” jelas pengamat LIPI tersebut.

Menurut Siti sifat Jokowi yang paling memikat hati rakyat adalah sosoknya yang berempati terhadap penderitaan rakyat dengan terjun langsung atau blusukan. Selain itu Jokowi juga memiliki integritas, yang dibutuhkan para era sekarang ini.

“Sifat Jokowi ini, bisa menjadi contoh para tokoh politik yang ingin berlaga pada Pilpres 2014. Mereka harus mendekatakan diri dengan rakyat, bukan elite!”

Namun Siti juga berpendapat, agar Jokowi menyelesaikan dulu amanahnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jika Jokowi maju dalam Pilpres 2014, akan menjadi preseden buruk bagi perpolitikan di Tanah Air dan Jokowi akan dicap sebagai kutu loncat.

“Sangat buruk, karena Sebelumnya Jokowi meninggalkan Solo sebelum jabatannya usai, untuk melaju di Pilkada DKI. Lebih buruk lagi, hal ini akan ditiru pemimpin lain di Indonesia,” jelas Siti.

Sejumlah pendengar SoloposFM, nampaknya sependapat dengan Siti Zuhrpo. “Sangat mendukung Jokowi jadi presiden. Tapi lebih baik selesaikan dulu target buat DKI. Nanti takutnya kesannya orang bilang tinggal glanggang colong playu. Periode Pemilu selanjutnya saja baru nyalon. Aku yakin belum ada orang seperti Jokowi. Salut buat pak Jokowi,” ungkap Dyah, pendengar di Janti. Klaten.

Sarmidi,  pendengar di Sobokerto, melihat Jokowi sebagai sosok yang mencerminkan pribadi bersih yang merupakan figur pemimpin yang diidam-idamkan rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya