Tutup Iklan
Survei Capres 2024: Ada Prabowo, Anies Baswedan, Sampai Ganjar Pranowo
Prabowo dan Jokowi. (Okezone)

Solopos.com, JAKARTA — Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 belum lama berlalu. Namun, lembaga survei Indo Barometer sudah melakukan survei nama yang bakal menjadi kandidat kuat maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, hingga Ganjar Pranowo masuk sebagai kandidat capres 2024 berdasarkan hasil survei Indo Barometer.

Dilaporkan Suara.com, Minggu (23/2/2020), Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mengungkapkan Prabowo menjadi yang teratas dari simulasi 22 nama kandidat dalam survei yang dilakukan. Prabowo berada di peringkat pertama dengan hasil survei 22,5%.

Lagi! 5 Peserta Tes CPNS Pakai Joki, Ternyata Ada Agennya

Nama Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 14,3%, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan 8,1%, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo 7,7%, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan 6,8%.

Qodari menjelaskan keunggulan yang diraih Prabowo tersebut terjadi lantaran nama Joko Widodo tidak ada mengingat Jokowi sudah dua periode menjabat sebagai presiden sehingga tidak lagi bertarung di Pilpres 2024.

"Keunggulan Prabowo terjadi jika tidak ada nama Jokowi. Jika nama Jokowi masuk ke dalam simulasi 23 nama maka Jokowi masuk urutan pertama dengan angka 32,2%," kata Qodari di Hotel Century, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Asyik! KA Bandara Sampai Klaten, Catat Jadwalnya!

Selain itu Prabowo juga pernah mencalonkan diri menjadi capres secara berturut-turut pada 2014 dan 2019. Qodari mengatakan keunggulan tetap akan diperoleh Jokowi semisal dihadapkan dengan Prabowo, dengan hasil angka 41,2% untuk Jokowi dan 36,3% untuk Prabowo.

"Yang menarik jika Jokowi dan Prabowo bergabung, maka akan menjadi calon terkuat dalam berbagai simulasi pasangan pada Pilpres 2024," ujar Qodari.

Berdasarkan hasil survei Indo barometer terhadap kepala daerah tanpa Jokowi dan Prabowo, menghasilkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang terkuat sebagai kandidat capres 2024.

Duh, Pria Jepang Kena Corona Usai Jalan-Jalan Ke Indonesia

Anies bahkan mengungguli kandidat lainnya yang juga kepala daerah, seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surabaya Tri rismaharini.

Qodari mengungkapkan survei Indo Barometer itu dilakukan pada Januari 2020. Hasilnya, menempatkan Anies di posisi pertama dengan perolehan 31,7% disusul Ganjar Pranowo 11,8%, Tri Rismaharini 9,9%, Ridwan Kamil 8,2%, Khofifah Indar Parawansa 5,6%, dan Nurdin Abdullah 0,8%.

"Anies Baswedan juga menjadi calon dengan tingkat pengenalan tertinggi dengan angka 91,7%, kemudian Ridwan Kamil 65,8% dan Khofifah Indar Parawansa 55,8%. Sementara Tri Rismaharini 49,4%, Ganjar Pranowo 47,8%, dan Nurdin Abdullah 10.7%," beber Qodari.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho