SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

JAKARTA – Volatilitas pasar surat utang domestik diperkirakan masih akan tinggi di tengah ekspektasi inflasi yang meningkat serta variatifnya sentimen eksternal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Analis Obligasi Sucorinvest Central Gani Ariawan mengatakan ekspektasi inflasi Indonesia pada tahun ini diperkirakan akan meningkat seiring keluarnya angka inflasi Februari 2013 yang lebih tinggi dari perkiraan. “Laju inflasi Januari–Februari 2013 mencapai 1,78%, lebih tinggi dari rata–rata laju inflasi 2 bulan pertama dalam 5 tahun sebelumnya yang sebesar 1,11%,” katanya dalam riset harian, Senin (4/3/2013).

Menurutnya, angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan ini berpotensi memberikan tekanan terhadap pergerakan di pasar surat utang Indonesia. “Variatifnya sentimen eksternal diperkirakan juga masih mendorong investor cenderung wait and see,” ujarnya.

Pada perdagangan akhir pekan lalu, pasar surat utang Indonesia melemah seiring keluarnya angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. Inflasi Februari 2013 tercatat sebesar 0,75% MoM dan 5,31% YoY, lebih tinggi dari perkiraan konsensus yang sebesar 0,31% MoM dan 4,81% YoY.

Pelemahan di pasar akhir pekan lalu kembali dimotori oleh SUN bertenor menengah dan panjang di mana rata–rata yield tenor menengah dan panjang naik sebesar 3 basis poin dan 2 basis poin. Yield SUN acuan bertenor 10 tahun naik 4 basis poin ke level 5,39%.

Sementara itu, harga obligasi pemerintah berdenominasi dollar AS bergerak sideways dalam rentang yang terbatas ditengah volume perdagangan yang relatif sepi. Yield Indo-17, Indo-22, dan Indo-42 masing–masing masih ditutup di level 2,31%, 3,27%, dan 4,71%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya