SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bishek – Presiden Kirgistan yang terguling, Kurmanbek Bakiyev, telah secara resmi mengundurkan diri. Para pejabat Kirgistan, Jumat (16/4), mengatakan, surat pengunduran diri Bakiyev ditulis tangan dan telah difax kepada pemimpin baru negara itu, Kamis (15/4).

Pengunduran diri Bakiyev menghilangkan kekhawatiran akan terjadinya perang saudara di negara miskin tetapi strategis di Asia Tengah itu. Bakiyev melarikan diri ke negara tetangga, Kazakhstan, Kamis . Pelariannya meredakan ketegangan di negara itu serta mengakhiri beberapa hari kekacauan yang antara lain menganggu penerbangan militer AS di pangkalan udara Manaz di Kirgistan yang digunakan untuk mendukung operasi di Afghanistan.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Krisis itu juga telah menggarisbawahi adanya persaingan antara Amerika Serikat dan Rusia untuk mendapat pengaruh di Asia Tengah, wilayah luas antara China, Afghanistan, dan Laut Kaspia.

Pemerintah sementara Kirgistan, yang dipimpin Roza Otunbayeva, mengatakan, Bakiyev telah mengirim faks berisi surat pengunduran dirinya Kamis malam dari Kazakhstan. “Saya mengajukan pengunduran diri di hari-hari yang tragis ini karena saya paham tanggung jawab saya untuk masa depan orang-orang Kirgistan,” kata Bakiyev dalam surat itu.

Teks tersebut telah diposting di account Twitter milik Otunbayeva, yang sering digunakan timnya untuk membuat pengumuman. Sebuah foto memperlihatkan Otunbayeva menunjukkan surat itu.

Kepergian Bakiyev telah secara signifikan mengurangi ketegangan di negara miskin bekas republik Soviet itu setelah kerusuhan berdarah pekan lalu yang memicu ketakuatan akan terjadinya perang saudara.

Bakiyev tidak muncul di depan publik sejak melarikan diri. Para pejabat mengatakan, ia berada di kota Taraz, Kazakhstan bersama istri dan dua anaknya. Taraz, sebuah kota yang sepi di Kazakhstan selatan yang berdekatan dengan Kirgistan. Desas-desuslangsung merebak di kota itu setelah Bakiyev datang. Sebuah sumber keamanan setempat mengatakan, Bakiyev telah dibawa ke lokasi rahasia di Taraz. Penduduk lokal melihat iring-iringan jip tanpa plat nomor mobil keluar dari bandara semalam.

kompas.com/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya