SOLOPOS.COM - Ditulis tangan atau ketik dengan komputer, sebaiknya buatlah surat lamaran yang jujur, lengkap, dan relevan. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Bagi para pelamar kerja khususnya mereka yang fresh graduate atau yang baru lulus, mungkin masih bingung dalam menulis surat lamaran kerja ditulis tangan atau diketik komputer?

Menurut ilmu graphology dan psikologi, tulisan tangan bisa menunjukkan kepribadian atau karakter seseorang, sehingga kadang ada instansi atau perusahaan yang mencantumkan syarat agar surat lamaran ditulis dengan tangan.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Namun sebagian besar perusahaan atau instansi menerima surat lamaran kerja yang ditulis dengan komputer.

Agar terlihat rapi, sebaiknya surat lamaran kerja diketik dengan komputer menggunakan ukuran font standar seperti Times New Roman agar terkesan formal. Gunakan bahasa yang formal dan efektif tanpa pengulangan kata-kata yang tidak jelas. Hindari penggunaan tata bahasa yang salah atau ejaan yang salah.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, kalaupun Anda memilih untuk menulis surat lamaran kerja dengan menulis tangan, pastikan tulisan Anda bagus, rapi, dan mudah dibaca. Selain itu usahakan untuk menggunakan tinta berwarna hitam.

Baca Juga : Cek Posisi dan Syaratnya, BUMN Ini Buka Lowongan Kerja Terbaru 2022

Selain tentang soal ditulis tangan atau diketik komputer, ada hal yang lebih penting yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja.

Hal penting itu adalah bagaimana agar surat lamaran dilirik oleh pencari kerja sehingga membuka peluang mereka untuk diwawancarai.

Hal ini sangat penting karena dunia kerja saat ini sangat kompetitif dan mungkin ada ratusan orang yang melamar pekerjaan yang sama.

Perekrut tidak memiliki waktu untuk menganalisis setiap resume di bawah mikroskop sehingga resume yang menonjol dari yang lain, memiliki peluang lebih baik untuk dipanggil untuk putaran wawancara berikutnya.

Ditulis dengan tulisan tangan atau diketik pakai komputer usahakan membuat surat lamaran yang sederhana namun terlihat cerdas dan menonjol dari yang lain.

Baca Juga: Pemerintah Siap Buka 1 Juta Lowongan, Cek Formasi CPNS dan PPPK 2022

Selain itu gunakan tata bahasa yang baik, sopan, dan elegan. Seperti dilansir Bisnis.com, cara terbaik untuk menghindari kesalahan tata bahasa dalam resume adalah mengeditnya beberapa kali dan jika diperlukan Anda dapat mencari bantuan editor profesional.

Ditulis tangan atau ketik dengan komputer, sebaiknya buatlah surat lamaran yang jujur, lengkap, dan relevan. Sebaiknya Anda menulis resume sesuai kronologi. misalnya, selalu mulai dengan pekerjaan Anda saat ini ketika Anda menguraikan pengalaman Anda dan kemudian ikuti dengan pekerjaan yang Anda lakukan sebelumnya.

Nah, itulah ulasan tentang membuat surat lamaran ditulis pakai tangan atau diketik pakai komputer, yang selanjutnya kembali kepada pribadi masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya