SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MAKASSAR — Ahmad Dhani kembali menimbulkan kontroversi dengan suratnya yang menyebut golongan-golongan dalam Nahdlatul Ulama (NU). Mustayar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ma’ruf Amin pun merespons surat yang ditulis Dhani di dalam Rumah Tahanan Medaeng, Surabaya, dan dibawa ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjelang putusan sela itu.

Dalam suratnya, Dhani yang merupakan politikus Partai Gerindra itu mengklasifikasi NU dalam beberapa kategori. Ma’ruf menilai Dhani tidak mengetahui tentang NU meskipun pentolan Dewa 19 itu merasa sebagai pengikut KH Hasyim Asyari dan Gus Dur.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Oh, dia tau apa tentang NU. Dia kan enggak paham NU,” kata Ma’ruf Amin di sela kegiatannya bersilaturahim dengan pengurus NU se-Sulawesi Selatan, di Makassar, Kamis (21/2/2019).

Cawapres pendamping Jokowi itu mengatakan status Ahmad Dhani sebagai anggota NU belum lama dibandingkan usia organisasi yang sudah 93 tahun. “Kapan dia jadi NU. Kader NU berapa hari dia? NU ini sudah 93 tahun,” ucap Ma’ruf.

Dia menekankan NU tidak sekadar organisasi melainkan juga meliputi akidah, cara berpikir, amaliyah, dan gerakan. Ma’ruf pun mempertanyakan apakah seorang Dhani pernah menjalani pengkaderan sebagai kader NU. “Dia pernah dikader enggak, pernah ikut jadi kader NU enggak?” tanya Ma’ruf.

Sebelumnya, Dhani menulis sebuah surat yang isinya membagi NU dalam beberapa kategori. Surat yang ditulis di dalam Rutan Medaeng, Surabaya itu dibawanya saat menjalani putusan sela di PN Surabaya. Berikut isi surat Dhani yang beredar di media sosial:

Jika NU adalah…

1. ISLAM NUSANTARA Saya bukan bagian dari ini 2. Harus Jadi PENDUKUNG JOKOWI Apalagi ini, saya pasti bukan bagian dari ini 3. MEREKA YANG MENGANGGAP KELOMPOKNYA YANG PALING BENAR “Obviously Not My Kinda Group” 4. MEREKA YANG TIDAK BELAJAR DARI MASA LALU Apalagi ini, jelas bukan golongan saya MAKA SAYA BUKAN “NU” JENIS INI Saya NU pengikut Hadratussyekh Hasyim Asy’ari Saya NU GUSDURIAN 100 % islamnya Gus Dur Dari dulu hingga sekarang.

Ahmad Dhani, Pondok Pesantren Medaeng, 19-02-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya