Surabaya Panas di Siang Hari, Sumuk di Malam Hari, Ini Kata BMKG

Ada fenomena alam yang terjadi yang menyebabkan Surabaya terasa panas baik di siang maupun malam hari.

 Gambaran cuaca ekstrem di berbagai lokasi di Indonesia (BMKG)

SOLOPOS.COM - Gambaran cuaca ekstrem di berbagai lokasi di Indonesia (BMKG)

Solopos.com, SURABAYA -- Cuaca di Surabaya dan sekitarnya beberapa hari ini terasa sangat gerah. Tak hanya di siang hari, hawa di malam hari pun sama gerahnya. Kok bisa?

Terkait fenomena ini, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, menjelaskan memang ada tutupan awan yang menyebabkan radiasi bumi akan dipancarkan kembali ke bumi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

"Suhu maksimum di tempat kami kisaran 35 derajat [celsius] saja. Sebenarnya kalau dibilang panas banget kayak sebelum Oktober itu enggak, sebenarnya tidak terlalu. Tapi kita lebih sumuk aja kalau malam," kata Teguh di Surabaya, seperti dikutip detik.com, Selasa (12/11/2019).

"Itu bisa dikatakan karena sudah banyak tutupan awan di sore hari hingga malam hari. Itu yang menyebabkan radiasi bumi malam hari yang akan dipancarkan ke angkasa akan kembali ke bumi lagi, dipantulkan kembali," imbuhnya.

Teguh menyebut hal ini bisa diartikan dalam waktu dekat akan terjadi hujan.

"Yang jelas pembentukan awan di Surabaya cenderung sore sampai malam hari itu awan menengah sudah banyak meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Ini malah tanda-tanda bisa saja nanti di weekend bisa terjadi hujan di Surabaya. Ini proses pematangan terjadinya hujan dengan masa udara dengan hujan, ini ibaratnya masih mengumpulkan energinya," jelasnya.

Teguh menyebut Surabaya sudah memasuki musim peralihan dan akan masuk ke awal musim penghujan.

"Terkait apakah Surabaya sudah memasuki masa peralihan, karena ini di November pekan kedua, Surabaya baru memasuki musim penghujan. Di Surabaya, Sidoarjo dan beberapa wilayah lain di Jatim sudah memasuki musim peralihan dan sudah memasuki awal musim penghujan," paparnya.

"Dalam minggu ini, kan sudah masuk November pekan kedua di Surabaya sudah memasuki masa peralihan. Tetap waspada masa peralihan itu pasti nanti akan terjadi hujan kemudian bisa saja seminggu tidak hujan kembali. Jadi kalau kemarin di Surabaya sempat hujan satu hari di awal bulan, kemudian tidak hujan kembali," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Teguh memperkirakan dalam pekan ini akan terjadi hujan di akhir pekan.

"Kalau saya lihat sore sudah banyak ledakan awannya. Kita perkirakan weekend nanti hari Minggu atau Senin bisa saja terjadi hujan di Surabaya," pungkasnya.

Sumber: detik.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bingung Malam Mingguan? Pemkot Madiun Bikin Hiburan Musik Setiap Malming Loh

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN</strong> — Pemerintah Kota Madiun tahun 2020 ini benar-benar ingin maksimal dalam menghibur masyarakat. Bagaimana tidak, dalam satu tahun ke depan akan ada pentas seni musik yang akan diselenggarakan setiap malam Minggu atau Sabtu malam.

      Pasien RSUD Ponorogo Hanya Perlu Tekan Aplikasi untuk Antre Perawatan

      <strong>Madiunpos.com, PONOROGO</strong> -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Harjono Ponorogo membuat sebuah aplikasi bernama Andalan atau kepanjangan dari Aplikasi Pendaftaran Online. Aplikasi ini diciptkan untuk memberikan kemudahan bagi pasien yang hendak periksa tidak perlu lagi untuk mengantre di rumah sakit.

      Rayakan Imlek, Lima Barongsai Beraksi di Stasiun Madiun

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN</strong> -- Aksi lincah barongsai membuat Stasiun Madiun geger, Sabtu (25/1/2020) pagi. Para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta pun terlihat tertarik melihat aksi lima barongsai tersebut.

      Penataan Wajah Kota Madiun Bikin Masyarakat Pangling

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN —</strong> Pemerintah Kota Madiun kini sedang menata wajah perkotaan dengan konsep yang lebih menarik dan lebih segar. Ada sejumlah lokasi di Kota Madiun yang kini jadi lebih menarik dan Instagramable.

      Target Serapan Bulog Madiun Tak Tercapai Gara-Gara Ini

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN --</strong> Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre IV Madiun mengaku penyerapan beras petani sepanjang 2019 tidak memenuhi target. Penyebabnya, para petani lebih memilih menjual hasil panen ke tengkulak daripada ke Bulog.

      Asyik, Setiap Rabu Masyarakat Boleh Berkunjung ke Lanud Iswahjudi

      <strong>Madiunpos.com, MAGETAN --</strong> Sekitar 800 anak-anak dari Taman Kanak-kanak di wilayah Magetan dan sekitarnya memadati pelataran Main Apron Pangkalan Udara Iswahjudi, Rabu (22/1/2020). Mereka berwisata dan belajar tentang berbagai pesawat tempur di Lanud Iswhajudi.

      Pecinta Otomotif di Surabaya Siap-Siap, GIIAS Digelar Maret

      <strong>Madiunpos.com, SURABAYA --</strong> <em>Event</em> tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali digelar digelar di Surabaya pada 20-29 Maret 2020. Kesuksesan penyelenggaraan dalam lima kegiatan serupa sebelumnya membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali memilih Kota Pahlawan sebagai tuan tumah GIIAS 2020 The Series.

      Akhirnya Terungkap Penyebab Keracunan Massal dalam Perayaan Tahun Baru 2020 di Jember

      <strong>Madiunpos.com, JEMBER --</strong> Masih ingat kasus keracunan massal gara-gara masakan ikan tongkol pada perayaan Tahun Baru 2020 yang membuat 199 warga Jember tumbang?

      Ayah di Trenggalek Perkosa Dua Anaknya Hingga Sakit Jiwa

      <strong>Madiunpos.com, TRENGGALEK -</strong>- Entah setan apa yang merasuki seorang ayah di Trenggalek ini hingga tega memerkosa dua putri kandungnya.

      Demi Bisa Jadi Laki-Laki, Wanita Surabaya Ini Ajukan Permohonan ke Pengadilan

      <strong>Madiunpos.com, SURABAYA --</strong> Seorang perempuan asal Surabaya berinisial, PN, 19, berusaha untuk mengganti jenis kelaminnya menjadi laki-laki. Upaya legal pun ia tempuh dengan mengajukan permohonan ganti kelamin ke Pengadilan Negeri Surabaya pada Oktober 2019.

      ZA, Pelajar Pembunuh Begal Divonis Pidana Pembinaan Setahun

      <strong>Madiunpos.com, MALANG --</strong> Seorang pelajar SMK di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berinisial ZA, akhirnya divonis hukuman pidana pembinaan dalam lembaga selama satu tahun. ZA sebelemnya didakwa melakukan pembunuhan berencana setelah membunuh seorang begal untuk melindungi pacarnya yang hendak diperkosa.

      Tiap Hari ada 7 Janda Baru di Ponorogo, Ini Penyebabnya

      <strong>Madiunpos.com, PONOROGO --</strong> Kasus perceraian di Kabupaten Ponorogo terbilang tinggi. Sepanjang tahun 2019 lalu, Pengadilan Agama (PA) Ponorogo memutuskan 2.805 perkara perceraian. Jika angka tersebut dibagi 365 hari, artinya setiap hari ada 7 wanita yang menjadi janda.

      Puluhan Kambing di Pacitan Mati Mengenaskan Diserang Hewan Misterius

      <strong>Madiunpos.com, PACITAN —</strong> Puluhan ekor kambing milik sejumlah warga Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, mati dengan cara misterius. Diduga puluhan kambing ini diserang hewan buas yang hingga kini masih misterius.

      Ingin Hidupkan Lagi Kawasan Pecinan, Pemkot Madiun Lakukan Ini

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN —</strong> Dalam memperingati Tahun Baru Imlek tahun 2020, Pemkot Madiun menyelenggarakan PeceLand Chinese New Year Festival 2020, Rabu (22/1/2020). Festival ini digelar di Jalan Batanghari, Kota Madiun, mulai 22-26 Januari.

      Korsleting, 1 Rumah di Madiun Ludes Terbakar

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN --</strong> Satu rumah di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, kebakaran, Rabu (22/1/2020) pagi. Rumah milik Suriyem itu ludes dilalap sijago merah.

      E-Tilang Segera Diberlakukan di Kota Madiun

      <strong>Madiunpos.com, MADIUN --</strong> Kota Madiun segera memberlakukan tilang elektronik (e-tilang) pada 2020 ini. Sebanyak 21 kamera pengintai atau CCTV sudah terpasang di 21 persimpangan di seluruh wilayah Kota Madiun.