SOLOPOS.COM - Foto udara suasana pedagang berjualan di pinggir rel kereta api di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (4/2/2022). Meskipun berbahaya, para pedagang di wilayah tersebut tetap berjualan di pasar itu setiap pagi. ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu/Zk/tom.

Solopos.com, SURABAYA — Provinsi Jawa Timur memiliki luas wilayah 47.803,49 km persegi. Provinsi Jatim terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota. Dari 38 kabupaten/kota tersebut, daerah terpadat di Jawa Timur yang mana?

Wilayah Provinsi Jawa Timur di bagian utara berbatasan dengan luat Jawa, bagian timur berbatasan dengan selat Bali, bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, dan bagian barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari 38 daerah yang ada di Jawa Timur, daerah yang memiliki wilayah paling luas adalah Kabupaten Banyuwangi yakni sekitar 5.782,4 km persegi. Sedangkan yang memiliki luas terkecil adalah Kota Mojokerto dengan luas wilayah 20,21 km persegi.

Dilansir dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, menyebutkan jumlah penduduk di Jatim sekitar 40,666 juta jiwa. Dari puluhan juta jiwa tersebut, Kota Surabaya merupakan daerah yang paling banyak ditempati dengan jumlah penduduk sekitar 2,874 juta jiwa.

Baca Juga: Ini Kecamatan Paling Sepi dan Paling Ramai di Kabupaten Ngawi

Dari data statistik, daerah terpadat di Jawa Timur yaitu Kota Surabaya dengan kepadatan penduduk 8.217 jiwa per kilometer persegi. Data ini bisa diartikan setiap satu kilometer persegi dihuni sebanyak 8.217 jiwa.

Kemudian, daerah terpadat kedua di Jawa Timur yaitu Kota Mojokerto dengan 6.594 jiwa per kilometer persegi. Meskipun Kota Mojokerto ini sebenarnya jumlah penduduknya tercatat paling sedikit se-Jatim yaitu sebanyak 132.000 jiwa. Namun, karena luas wilayah kota ini sangat sempit, sehingga menjadikannya sebagai kota terpadat kedua se-Jatim.

Kota Surabaya menjadi daerah terpadat di Jawa Timur karena kota ini menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Surabaya juga menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Baca Juga: Hari Jadi Ke-104 Kota Madiun! Penghargaan Diraih, Ekonomi Meningkat

Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan perekonomian di Jawa Timur dan sekitarnya. Berbagai industri berdiri di sini. Selain itu, berbagai perusahaan besar juga banyak yang berkantor di Surabaya. Pusat perbelanjaan dan perhotelan juga banyak ditemui di Surabaya. Dengan menjadi pusat pemerintahan dan pusat perekonomian, banyak orang yang tinggal di Kota Surabaya dan menjadikannya sebagai daerah terpadat di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya