SOLOPOS.COM - Ilustrasi/detikcom

Ilustrasi/detikcom

SAINT PETERSBURG—Saat kampanye anti rasial terus dicanangkan, sekelompok fans Zenit St Petersburg justru mengajukan tuntutan tak umum pada klubnya. Mereka meminta Zenit tak membeli pemain berkulit hitam dan homo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kelompok fans Zenit yang mengajukan tuntan tersebut adalah Landscrona, yang merupakan basis fans terbesar klub tersebut. Landscrona menyebut apa yang mereka tuntut sebagai manifesto, dan mempublikasikan pada halaman website resminya.

Dalam pernyataannya, Landscrona menyebut kalau apa yang mereka lakukan bukan merupakan tindakan rasisme. Namun merupakan langkah menjaga tradisi klub yang sudah bertahan lama.

“Kami bukan rasis tapi kami melihat kalau tiadanya pemain hitam di Zenit sebagai senuah tradisi yang penting. Hal itu akan membuat Zenit menjaga identitas klub, yang merupakan simbol St Petersburg,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Sepanjang sejarahnya, Zenit menjadi satu-satunya klub papan atas Rusia yang belum pernah membeli pemain asal Afrika. Zenit sendiri berada di kota yang dikenal dengan sikap nasionalis yang kental dan sayap kanan.

Landscrona menyebut kalau Zenit sebaiknya mengontrak pemain yang berasal dari rumpun Bangsa Slavia, yakni keturunan Indo-Eropa yang tinggal di Eropa tengah. Beberapa negara yang masih punya rumpun Bangsa Slavia di antaranya adalah Ukraina dan Belarusia, selain negara Baltik dan Skandinavia.

Fans Zenit juga menolak pesepakbola “dengan orientasi seks minoritas’ di klubnya. Demikian diberitakan Reuters. Kubu Zenit menolak berkomentar atas tuntutan fansnya itu. Sementara mantan striker Zenit, Alexander Panov menyebut kalau fans tidak sepatutnya mengajukan tuntutan-tuntutam terkait pemain yang sebaiknya dibeli klub.

“Semua klub di seluruh dunia punya pemain berkulit hitam. Jika mereka tidak ada di Zenit, itu adalah masalah Zenit. Saya pikir fans tidak seharusnya meminya klub untuk membeli atau tidak membeli pemain tertentu,” sahut Panov merujuk pada kenyataan bahwa banyak pemain berkulit hitam menolak penawaran yang diajukan meski dapat nilai kontrak besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya