Suporter Persis Solo akan Jadi Sasaran Vaksinasi, Begini Tanggapan Pentolan Pasoepati

Sejumlah tokoh suporter di Kota Solo menyambut baik rencana DPP Pasoepati yang hendak menggelar program vaksinasi suporter bersama Pemkot Solo.

 Presiden-Wapres Pasoepati periode 2021-2024, Maryadi Gondrong (kanan) dan Agus Ismiyadi (kiri) bersama Ketua Majelis Paoepati, Ekya Sih Hananto, di Balai Persis Solo, akhir pekan lalu.

SOLOPOS.COM - Presiden-Wapres Pasoepati periode 2021-2024, Maryadi Gondrong (kanan) dan Agus Ismiyadi (kiri) bersama Ketua Majelis Paoepati, Ekya Sih Hananto, di Balai Persis Solo, akhir pekan lalu.

Solopos.com, SOLO —Sejumlah tokoh suporter di Kota Solo menyambut baik rencana DPP Pasoepati yang hendak menggelar program vaksinasi suporter bersama Pemkot Solo. Mereka berharap penyelenggara tak memberikan syarat berbelit bagi suporter yang berniat menyukseskan program vaksinasi.

Salah satu syarat yang disorot adalah ketentuan kepemilikan kartu tanda anggota (KTA) Pasoepati bagi calon penerima vaksinasi gratis. Tokoh Pasoepati Anak Bondo Cupet (Aboncu) Pasar Kliwon, Sapta Oox, mengapresiasi DPP Pasoepati yang telah menyusun program vaksinasi suporter di Kota Solo. Menurut Sapta, kegiatan tersebut selaras dengan harapan suporter agar kompetisi sepak bola dapat segera bergulir secara normal.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Namun dia meminta penyelenggara meninjau ulang kepemilikan KTA Pasoepati sebagai salah satu syarat vaksinasi. Sebelumnya Pemkot menyatakan peserta vaksinasi suporter di Stadion Manahan, 13 Agustus 2021, adalah suporter ber-KTP Solo dan telah memiliki KTA Pasoepati.

“Kita tahu program KTA-nisasi belum berjalan optimal, contoh KTA dari pengurus baru DPP pun sampai sekarang saya belum lihat. Alangkah baiknya apabila syarat KTA ini diganti rekomendasi dari korwil,” ujar Sapta saat dihubungi Solopos.com, Jumat (30/7/2021).

Sapta menilai pelibatan korwil dapat meringankan kerja DPP untuk menyaring suporter yang memenuhi syarat dan belum mendapatkan vaksinasi sebelumnya. “Kerja bersama ini juga bisa meningkatkan hubungan harmonis antara anggota suku, korwil dan DPP Pasoepati,” ucap Sapta.

Pentolan Pasoepati, M. Badres, juga sependapat syarat KTA tak perlu dipaksakan dalam program vaksinasi suporter. Dia menilai pendataan calon peserta vaksinasi akan lebih efektif jika melalui korwil. “Korwil dilibatkan, nanti diatur jadwalnya per korwil untuk mengantisipasi kerumunan. Jatah vaksinasi juga harus transparan sejak awal agar pembagian per korwil bisa merata,” ujar eks Menteri Sosial Pasoepati itu.

Menteri Dalam Negeri Pasoepati, Adried Tersiantoro, mengatakan DPP tengah menggodok teknis penyelenggaraan vaksinasi suporter bersama Pemkot. Adried mengatakan persyaratan utama untuk mengikuti program sejauh ini adalah ber-KTP Solo. “Suporter wajib beridentitas warga Solo seperti vaksinasi lain yang digelar Pemkot. Untuk teknis lain masih digodok,” ujar Adried.

Baca Juga: Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Pihaknya berencana menggandeng korwil untuk pendaftaran vaksinasi. Menurut Adried, pengajuan calon peserta bakal melalui korwil dengan sepengetahuan DPP. “Jadi nanti korwil bikin surat yang diketahui DPP. Untuk teknis lain bakal dibahas pekan ini.”

Mendagri mengakui pembuatan KTA masih dalam proses meski sebagian database-nya sudah masuk. “Saat ini ada sekitar 2.700 suporter yang telah tercatat di basis data kami,” tandasanya.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Persis Solo vs PSG Pati Buka Liga 2 2021 di Stadion Manahan

PT Liga Indonesia Baru (LIB) merilis jadwal pertandingan untuk Grup B dan C Liga 2, Selasa (21/9/2021).

Update Klasemen Liga Spanyol: Atletico Gusur Real Madrid dari Puncak

Atletico Madrid menempati posisi pertama dengan koleksi 13 poin.

Jadwal Liga 1 Pekan Ini: Ada Persita vs Bali United, Arema vs PSIS

Laga Persita vs Bali United menarik untuk dinantikan karena pertandingan tersebut merupakan persaingan tim papan atas.

Hasil Lengkap Sepak Bola Semalam: Piala Liga Inggris, Liga Spanyol, dan Liga Italia

Inter Milan melanjutkan rangkaian tak terkalahkan dengan membungkam Fiorentina pada laga pekan kelima Liga Italia.

Cristiano Ronaldo Ternyata Ingin Gabung Atletico Madrid sebelum ke MU

Para fans Atletico Madrid akan memberikan sambutan yang buruk untuk Cristiano Ronaldo karena statusnya sebagai legenda Real Madrid.

PSSI Yakin Shin Tae-yong Bawa Indonesia Lolos Fase Grup Piala AFF 2020

PSSI mendukung penuh upaya pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam Piala AFF 2020.

Striker PSIS Semarang Bruno Silva Kembali Gabung Latihan

Manajemen PSIS sempat menjatuhkan sanksi berupa larangan bermain di satu pertandingan terhadap Bruno Silva akibat tindakan indisipliner

Unggulan Piala AFF 2020, Vietnam Tak Remehkan Indonesia

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, mengatakan seluruh tim di Grup B tangguh.

Norwich 0-3 Liverpool: Minamino Cetak Brace, The Reds ke Putaran Empat Piala Liga

Juergen Klopp melakukan rotasi besar-besaran dengan hanya menyisakan Kostas Tsimikas dan Ibrahima Konate dalam starting line-up kontra Norwich.

Malaysia-Indonesia Segrup di Piala AFF 2020, Ini Reaksi Pelatih Malaysia

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengatakan tidak mau meremehkan tim lain selain Vietnam, apalagi Indonesia yang telah menjadi rival abadi.

Manchester City 6-1 Wycombe: Tertinggal Duluan, The Citizens ke Putaran Empat Piala Liga

City baru akan mengetahui lawan mereka di putaran keempat dalam undian yang dilangsungkan di Old Trafford, Kamis (22/9) dini hari WIB

Hasil Drawing Piala AFF 2020, Shin Tae-yong: Menarik  Indonesia Satu Grup dengan Malaysia dan Vietnam

Shin Tae-yong menilai Indonesia satu grup dengan Vietnam dan Malaysia akan membuat persaingan Piala AFF lebih menarik.

Mantan Kapten Persis Solo Bruno Casimir Gabung Persipa Pati

Kehadiran Bruno Casimir di lini pertahanan membuat Persipa Pati layak diperhitungkan sebagai kekuatan baru di Liga 3 zona Jawa Tengah 2021.

Jelang Liga 2, Bendera Persis Solo “Merahkan” Soloraya

Gerakan memasang bendera tersebut dilakukan secara swadaya karena kecintaan mereka kepada Persis Solo.

Stadion Manahan Solo Jadi Venue Pembukaan Liga 2 2021

Agenda pembukaan Liga 2 2021 bakal diikuti duel perdana antara Persis Solo melawan PSG Pati (AHHA PS Pati FC).